Lagu Paling Berkesan dari Masa Kecil hingga Dewasa

Kemaren ane udah bahas soal lagu Indo lawas, barat heubeul, kokoréyaan, dangdut, sampe anisong yang berkesan di masa pertumbuhan ane hingga sekarang. Rasanya ada yang ketinggalan.

Ide nulis ini gara-gara pas liat beranda Spotify ada Suede. Hah? Perasaan itu nama bahan deh. Buat yang gak tahu, Suede itu band asal Inggris yang sempet berjaya di era 90-an. Sebangsa sama Blur, Oasis, Rialto, Coldplay, dkk. Ane kira band briton lawas udah gak eksis lagi di tangga lagu internasional. Eh Suede rilis single terbaru.

Setiap lagu memiliki kenangan di masa kecil ane. Ada yang kelewat dodol kayak cerita ane soal Blur di tulisan lagu barat. Ada yang ketawa-ketiwi sendiri pas denger lagu Meggy Z. Ada yang bikin baper pas denger debut-nya Tomohisa Sako di luar dunia Vocaloid. Ada yang bikin ane nangis kayak dengerin Ari Lasso. Ada beberapa lagu yang udah muncul duluan di tulisan sebelumnya. Tandanya itu favorit ane dari zaman dulu sampe sekarang.

NB:

Moga aja YouTube berbaik hati masih menampilkan lagu baratnya. Kadang link-nya suka mati padahal di channel resmi artisnya.

Maksim Mrvica – Croatian Rhapsody

Ane inget dulu pas masih main osu, ane sering dapet rank S dari lagu ini. Bahkan pernah masuk peringkat 100 besar diff Allegro. Padahal lagu ini salah satu lagu tersulit di osu.

Sekarang mungkin udah turun B ato C gara-gara udah lama gak main.

Jauh sebelum ane ketemu sama lagu ini di osu. Dulu pas pertama kali unduh osu. Ane inget dulu motifnya biar deket sama anak-anak pas PKL dulu jadi koordinasi buat tugasnya lebih gampang. Ane cuman unduh beatmap dari lagu yang ane tahu. Saat itu ane gak unduh beatmap pack rekomendasi pemain senior terus ketemu lagu ini.

Kakak ane punya kaset Maksim. Dulu hampir setiap hari kakak ane setel lagu ini di rumah. Fisik kasetnya pun sekarang masih ada biar sekarang cuman jadi koleksi. Ane inget gak cuman lagu ini yang terkenal dari Maksim. Mungkin para pecinta drama Asia pernah ngeh lagu-lagu Maksim muncul di serial Twins aka 100% Senorita yang pernah tayang di SCTV. Dulu juga Maksim pernah kok konser di Indonesia kok.

Berani icip lagu ini juga? Mending coba deh diff yang extra.

Hyde – Evergreen

Ane inget kakak ane dulu punya CD kompilasi lagu-lagu JPop di luar anisong. Kakak ane hampir tiap hari setel CD itu di radio rumah. Di tulisan sebelumnya, ane pernah tulis soal lagu Chemistry – Your Name Never Gone sama Deen – My Love. Itu masih dari CD yang sama juga.

Di Amerika ada hot papa yang terkenal namanya Adam Levine. Di Korea ada ahjussi rasa oppa Gong Yoo. Di Jepang, ini hot papa ato ahjussi ya? Masalahnya umur euy. Hideto Takarai aka Hyde itu vokalisnya Laruku. Bapak-bapak cantik iya, kakek cantik juga heeh. Lebih cantik dari ane tanpa perawatan pula *plak!*

Hyde memang sering mengeluarkan karya di luar Laruku. Kadang solo kadang dengan proyek lainnya. Ini salah satu lagu Hyde yang sampe sekarang masih berkesan. Ane inget dulu pas ulangan Bahasa Inggris pun ane pake lirik versi bahasa Inggrisnya buat bahan ulangan.

This scenery is evergreen. As bud into to leaves … ah ane lupa lagi. Itu soal ulangan Bahasa Inggris ane pas SMK.

Epik High – Umbrella

Preferensi lagu ane sebenarnya sih lebih ke dangdut, hip hop, rock, sama metal. Cuman karena dulu masih terindikasi chuunibyou jadi orang lebih tahu ane itu weeaboo.

Pertanyaannya kenapa Epik High? Ane gak sengaja ketemu harta karun ini dari Audition. Mulanya dari ane sering denger lagu yang ternyata Love Love Love. Di saat temen-temen seangkatan ane dulu maniak TVXQ, SuJu, Big Bang, sama SHInee, ane lebih demen Epik High. Bukan karena suara Tablo yang lembut pas lagi nge-rap ato liriknya yang banyak tentang kritik sosial sama pengembangan diri. Belakangan ini Epik High kembali dilirik gara-gara BTS. Apa si Lele yang Army juga ketularan ya?

Sebenarnya di antara semua lagu Epik High, ane demen lagu Over sama ini. Cuman ini paling banyak kenangannya. Mulanya dari Audition sampe sekarang. Sampe hafal pas bagian “your umbrella above in my head“-nya pula. (hint: itu terjemahan liriknya versi bahasa Inggris)

Sebenarnya lagu ini dikasih sama Tablo ke Younha buat perayaan karir Younha. Pas ane cek komentar di YouTube banyak yang komentar soal versi RapMon. Versi Younha juga enak cuman kurang sreg. Biasa ada rap ini versi Younha aja.

Sayang underrated dibandingkan dengan versi BTS. Padahal ini salah satu yang enak setelah aslinya T.T

Nekomata Master – Last Hometown

Ane emang penggemar game arcade bertipe ritmik. Alasannya biar kurus. Ane emang susah banget buat olahraga. Lain cerita kalo ngomongin soal renang, bulutangkis, main bola, sama sepeda yang gak usah disuruh pun bisa langsung ngacir.

Semenjak main osu, ane lebih banyak tahu soal game ritmik. Ane inget dulu beatmap awal di osu selain lagu yang ane tahu dari kecil ya lagu DDR sama Pump It Up. Ane seumur-umur belum pernah main Reflec Beat, belum pernah liat mesinnya juga, dan anehnya langsung jatuh cinta sama salah satu OST-nya. Itu semua berkat osu.

Pertama kali main lagu ini di osu, ane langsung dapet S. Itu yang diff tertingginya. Lagu ini salah satu lagu gampang buat pemula di osu. Cuman gak tahu sih lagunya masih hidup ato gak. Soalnya ada beberapa beatmap di osu yang bermasalah.

Nekomata Master – Ookina koe de

Ketemu lagu ini gara-gara lagu sebelumnya. Susah bener cari Last Hometown di internet. YouTube gampang-gampang susah apalagi streaming. Rejekinya ada yang berbagi satu album penuh terus ane sedot. Ane gak sengaja nemu lagu ini di album yang lain. Terus ane cek lagu itu di osu, eh masuk lagu bermasalah. Sumbernya adalah Bemani, salah satu game arcade juga.

Ini salah satu lagu yang riang dan ngademin. Suasananya itu mirip anak kecil yang berjalan-jalan di tengah hutan fantasi nan ajaib. Ane baca salah satu komentar di YouTube tentang lirik lagunya, terjemahannya itu kisahnya sedih. Intinya tentang seseorang yang berusaha untuk melupakan kesedihan dan kepedihan hidup dengan berpura-pura untuk bahagia. Kok ini malah kayak kondisi ane sekarang ya?

xi – Sedap Malam

Ini lagu yang paling sering muncul di jurnal. Bahkan ada cerpennya pula. Jujur ane nangis berat pas nulis cerpen itu.

Ane udah bahas selayang pandang tentang lagu ini di tulisan lain jadi gak usah nulis lagi. Ane cuman mo nulis pengalaman sekilas nulis cerpen Sedap Malam di luar dari laman cerpennya itu sendiri. Mungkin ada yang komentar “kok ceritanya gini sih”? Namanya juga penulis amatir jadi mohon bimbingannya.

Sedap Malam itu maksudnya Ikki, cowok penyuka bunga sedap malam di dalam cerita. Cerpen itu sengaja ane tulis buat menggambarkan masa suram SMK ane dan untuk melupakan dia. Toh Ikki itu memang keinspirasi Ikki di dunia nyata. Senior peranakan Tionghoa yang juga partner-in-crime ane pas SMK. Kebiasaan nyelenehnya pun kayak orang aslinya.

Lagu itu bagian dari kenangan. Gara-gara cerpen Sedap Malam, apapun yang berkaitan dengan Ikki melekat dengan lagu ini. Bedanya Ikki di sini bukan Ikki di dunia nyata. Jadi ane bisa melupakan dia dan belajar menyikapi hidup lebih baik.

V.K – Reflection

Ane ketemu lagu ini pas PKL kuliah kemaren. Bahkan ane juga gak main Deemo. Ane tahunya dari si Yanto, ketua guild ane yang masih berhubungan baik di dunia nyata.

Sesuai dengan judulnya, ane nangis pas pertama kali denger lagu ini di kantor. Begitu pun pas nulis novel ane yang sekarang prosesnya udah 60%. Ada adegan si tokoh utamanya ketemu lagi sama ibunya. Anaknya pianis mainin lagu ini di depan ibunya. Bahkan nama chapter-nya pun permainan kata dari lagu ini.

Liat cutscene Deemo di YouTube pas bagian lagu ini aja nangis parah. Emosi lagunya emang membuat seseorang merenung sesaat tentang dirinya.

Chrisye – Anggrek Bulan (feat Sophia Latjuba)

Biarin selera jadul, suka-suka ane.

Ane pertama kali liat video klip ini di MTV. Lagunya aneh tapi anehnya nyantol. Liat dari gaya di video klipnya pun sekitar awal 2000-an. Pas ane masih kecil banget cuman gak tahu judulnya.

Bahkan ane baru tahu kalo Sophia Latjuba juga bisa nyanyi. Gak cuman lagu ini kolaborasi bareng sama Chrisye. Ada juga lagu yang kolaborasi dengan penyanyi lainnya.

Ada Band – Manusia Bodoh

Singkatnya ane seperti lagu ini. Bedanya sih versi sarkasmenya: selalu oon.

Ane inget lagu ini zaman masih SD. Sekitar kelas 4. Ane nangis tiap kali nyanyi lagu ini. Kata orang sih terlalu menghayati. Kenyataannya lirik lagu ini nyindir kondisi ane sendiri. Baik dalam urusan perasaan atau realita kehidupan. Ane yang bodoh, sering dipermainkan orang lain, dan bodohnya lagi mendandani diri agar lebih dibodohi orang. Bahkan ane gak ingin mengingat masa-masa itu. Sudah cukup ane jadi manusia bodoh. Ane pengen lepas dari jeratan lingkaran setan yang senantiasa mempermainkan hidup ane selama ini.

Jika di lagunya itu masalah percintaan, lirik lagu ini nyantol di ane dalam urusan keseharian. Ane pasti bisa berubah dari manusia bodoh jadi orang yang lebih baik.

Ken Hirai – Gaining Through Losing

Pertama, Reflection. Kedua, Manusia Bodoh. Terakhir, Gaining Through Losing. Lagu yang bikin ane nangis paling parah karena kebawa perasaan sama tahu artinya. Jika Manusia Bodoh itu artinya nyesek, lain halnya dengan lagu ini. Arti dari lagu ini adalah motivasi untuk menghadapi kenyataan. Kalo pengen maju ya harus siap untuk kehilangan.

Lagu ini adalah lagu yang paling lama ane gak tahu judulnya. Ane cuman denger dari kakak ane pas setel PC tapi gak tahu penyanyi apalagi judulnya. Ane cuman inget bagian reff-nya.

We’ve been gaining one good thing through losing another

I’m so proud to be with you my love

Now you know the meaning of sunshine after rain

Let me tell you, life is good my friend

Ane inget dulu pas kelas 4 SD ada ulangan Bahasa Inggris. Kalo pas SMP dulu bahan ulangannya lagu bahasa Inggris (baca: Evergreen – Hyde), pas SD tugasnya nyanyi dua lagu bahasa Inggris. Ane inget lagu buat ulangannya This Love-nya Maroon 5 sama lagu ini pas reff-nya. Dari zaman ane SD dulu, ane udah tahu lagu ini ada lagu kembarannya: Liu Xing Yu.

Ane pun sering bolak-balik dekok nyanyiin reff lagu ini pas denger Liu Xing Yu. Pas SMK, ada tugas Bahasa Inggris lagi. Saking gak tahu judulnya ane ketik aja reff-nya semua. Akhirnya ketemu juga penyanyinya, Ken Hirai.

Buat yang nyasar ketemu lagu ini gara-gara lagu Armada, mending dengerin aja versi paling asli dari Liu Xing Yu. Ane baru tahu belakangan kalo lagu ini dibeli resmi sama manajemen F4 di Taiwan sebelum debut di sana. Kasus lagu ini sama kayak Umbrella. Seenak-enaknya versi cover kalo udah kecantol sama versi asli ya lebih enak aslinya.

Lagu itu bagian dari kenangan. Setiap masa memiliki ciri khasnya sendiri yang kadang diabadikan dalam sebuah lagu. Biasanya sih lagu dangdut yang rajin merekam fenomena menarik di masanya. Apa cerita temen-temen? Apa ada lagu paling berkesan dari masa kecil hingga sekarang? Bagikan ceritamu di komentar ya.

Iklan

Andai Ane Jadi Pemilik Sekolah

Cita-cita ane sekarang pengen jadi pengusaha. Alasannya terlalu naif.

Ane pengen lebih banyak sedekah daripada konsumsi pribadi. Biar kayak para sufi di zaman dulu dan Bill Gates di zaman sekarang. Selain itu ane pengen bangun daerah tempat ane tinggal. Ane pernah ngerasain ditolak  di tempat yang justru deket banget dari rumah. Ane pengen bangun usaha yang memberdayakan warga sekitar biar mereka gak nganggur, gak kena macet, bisa makan siang ato sholat berjamaah di rumah pas lagi istirahat, sama membantu usaha masyarakat sekitar agar lebih maju.

Sayangnya ya sekarang ane kepaksa kerja. Jujur banget dalam hati ane pengen ikut acara pengembangan bisnis dari pemerintah kayak pameran sama pelatihan. Tapi ya gimana lagi, faktor orang tua lebih dominan *dan ane kudu balik terapi pas udah gajian nih*. Ane mo coba dulu bertahan paling lama setahun. Buat ngumpulin modal dagang lebih besar biar gak mentok dagang pulsa sama nitip warung mulu.

Ada orang yang bilang gini.

Biar bikin hidup lo lebih hidup, lo harus punya cita-cita lain setelah salah satu impian lo tercapai.

Apa yang bakal ane lakukan setelah jadi pengusaha restoran?

Punya rumah ala Harvest Moon di atas gunung. Pas kemaren coba ngangon sapi sama embe bareng si Uli di rumah mang Marino, asyik juga punya rumah di peternakan. Bahkan ane liat di luar negeri pun, banyak restoran dengan bintang Michelin yang berada di pedesaan. Berdampingan dengan perkebunan, peternakan, ladang-ladang warga, dan pelelangan ikan. Bahkan chef-nya pun punya peternakan dan kebun sendiri di rumahnya.

Ane juga pengen bikin sekolah. Alasan sebenarnya adalah revolusi pendidikan.

Belakangan ini revolusi pendidikan gencar dilakukan di negara-negara maju. Mereka sadar ada yang salah dari sistem pendidikan mereka. Contohnya di Korea Selatan banyak pelajar yang bunuh diri karena tekanan pelajaran di sekolah. Salah satu negara yang berhasil merombak sistem pendidikan mereka adalah Finlandia. Sistem pendidikan mereka yang aneh justru lebih membuat para pelajar di sana lebih berkualitas sewaktu kembali ke masyarakat (baca: bekerja).

Di Indonesia sendiri banyak kasus mengenai pendidikan. Mulai dari carut marut pendaftaran sekolah sampai realita di kelas yang bikin si muridnya kesel setengah mampus. Sekolah yang sejarah mencatat bermula dari waktu luang menjadi mimpi buruk. Kasus bully di sekolah, tekanan akademik, waktu istirahat yang irasional, dan mengabaikan hak-hak murid juga guru di sekolah.

Ane kepikiran hal ini gara-gara keseringan kena semprit Pak Dewo di kelas. Apa itu belajar? Kenapa kita harus belajar? Kenapa beliau sering mengatakan “mahasiswa kurang belajar”? Bagaimana seharusnya belajar yang benar itu? Banyak pertanyaan yang muncul di benak ane ketika harus menghadapi omelan beliau di kelasnya. Berawal dari matematika dasar dan harga mutlak, kini berakhir jadi memikirkan segala hal yang sepele berkaitan dengan belajar.

Benar kata orang, belajar di usia yang mulai menua lebih sulit daripada masa muda. Hal itu kini mulai ane rasakan di bidang tertentu. Ane lebih mudah belajar tentang matematika dasar yang penuh analogi daripada belajar struktur bahasa dalam perspektif logika. Emang ane itu oon dan kurang belajar hingga akademik terseok-seok di samping kondisi fisik yang melemah. Tapi orang yang lebih oon lagi adalah orang yang nyadar dirinya oon dan gak mau berubah.

Apa itu cerdas? Pikiran ane pun nyasar ke sana gara-gara memikirkan omongan Pak Dewo. Apa ia harus mendapatkan nilai 100 dalam Matematika? Apa dia harus bisa merangkai kata-kata gombal melebihi kualitas syair Kahlil Gibran? Apa dia harus dapat semua nilai bagus di lembar SKHUN dan ijazah? Saat itu ane ingat cerita waktu mentoring dulu. Cerita soal Ali bin Abi Thalib yang diuji kecerdasannya oleh salah seorang sahabat Nabi.

Singkat cerita beliau bisa menjelaskan suatu masalah dari beragam sudut pandang yang berbeda. Ane sadar. Orang yang cerdas itu harus seperti Ali bin Abi Thalib. Ia harus tahu betul masalah yang ia hadapi agar bisa memecahkan masalah tersebut sampai tuntas.

Bahkan tadi pun ane berpikir sekolah seperti apa yang bakal ane bikin. Apakah sekolah seperti Sekolah Masjid Terminal, Sekolah Darurat Kartini, atau Kandank Jurank Doank? Bagaimana gurunya? Siapa muridnya? Apa yang harus mereka pelajari?

Ane pengen buat sebuah SD. Bukan sekolah berbasis agama tapi terbuka untuk umum. Gak pake seragam biar yang miskin gak keberatan beli seragam. Sekolah alam biar mereka bisa bermain santai seiring dengan arti sekolah yang sebenarnya itu “waktu luang”. Buat kurikulum pun kurikulum sendiri tapi hasil akhir tetap sesuai dengan SKL dari pemerintah.

Ane bakalan ngasih ujian pas kelas 4 SD. Idenya dari SD di Jepang. Kurikulumnya terintegrasi kayak di Finlandia. Pas kelas 1 sama 2, ane cuman pengen mereka fokus belajar tentang agama, budi pekerti, etika, sama bersenang-senang sebagai anak-anak. Masa iya bocah bawa kebanyakan LKS ama diem mulu di kelas? Adanya nambah bongkok iya, beke juga iya. Terus juga masalah orang-orang di Indonesia itu cuman kurang beretika. Banyak orang pinter sama alim tapi cuman sebatas di bibir tanpa diterapkan dalam keseharian.

Ane juga gak bakalan ngasih banyak bahasa. Gak peduli bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Mandarin, apalagi bahasa Indonesia. Bahasa asing (termasuk bahasa Indonesia) ane bakal kasih bertahap dari kelas 3 SD. Biarin mereka ngomong bener dulu pake bahasa daerah daripada kecampur-campur malah ngerusak bahasa dan kedengeran 4l4y. Bahasa pengantar pas awal juga bahasa daerah. Soalnya banyak kearifan lokal juga ajaran agama yang disampaikan dalam bahasa daerah. Toh di Indonesia percuma belajar bahasa Inggris dari TK tapi tenses, pronunciation, sama grammar aja gak lebih baik dari native speaker yang masih SD.

Belakangan ini banyak orang tua yang pengen anaknya hafizh Qur’an. Ane emang sengaja gak ngasih program hafizh. Ane pengennya mereka jadi pengamal Al Qur’an. Bedanya mengamalkan itu hafizh yang langsung praktek. Tingkat tertinggi dari ilmu pengetahuan itu mengamalkan yang sudah kita pelajari lalu mengajarkannya pada orang lain. Hafalan mereka juga terintegrasi dengan materi pelajaran. Ane sengaja gak nulis itu biar sekolahnya tetap sekolah umum yang netral. Selain itu tujuannya biar mereka lebih paham ajaran agama dengan benar. Toh teroris itu bermula dari pemahaman agama yang cetek.

Gurunya sih ane pengen yang hafizh. Lebih bagus lagi lulusan ilmu umum yang hafizh juga. Soalnya biar bisa mengintegrasikan hafalan dengan kurikulum sekolah. Ane juga pengen guru yang punya latar belakang relawan ato orang asli daerah. Biasanya mereka itu paling bersemangat buat mengembangkan pendidikan. Ane juga butuh guru dengan latar belakang Psikologi, Pedagogi, atau Kedokteran. Biar kondisi fisik sama mental anak-anaknya lebih terpantau.

Kurikulumnya pun lebih banyak menggunakan aktivitas fisik. Mereka juga harus sering kena sinar matahari pagi (mun dina basa Sunda mah nganeut moyan) yang baik untuk pertumbuhan. Mata pelajaran pun gak banyak tapi sifatnya tematik setiap minggu. Misal temanya pasar. Muridnya belajar Matematika sama IPS dari simulasi perdagangan di pasar. Nah tema berubah tiap minggu biar bisa gak bosen sama menyesuaikan sama target hafalan mereka. Belajar Matematika pun gak dari kelas 1. Paling cuman dikasih pengenalan kayak ngitung buah. Anaknya lebih banyak main karena ada pelajaran tentang kemampuan bertahan hidup. Misalnya memasak, menjahit, bercocok tanam, mencuci, berbisnis, prakarya, life hack, dll. Ane juga pengen sekolah itu berbasis literasi. Minimal literasi Qur’an deh. Soalnya Indonesia merupakan negara terendah kedua dalam masalah literasi.

Jam sekolah sih pengennya pulang ba’da Zuhur. Kayak sekolah di zaman dulu. Jadi masih ada waktu buat mereka main, belajar, ngaji, istirahat, les tambahan, sama bantu orang tua di rumah. Paling kalo sore pun ba’da Ashar. Sudah termasuk pemantapan buat kelas 6 sama sholat berjamaah. Jam pelajaran pun lebih ramah anak. Idenya dari ilmu neurosains sama teknik Pomodoro. Setiap interval tertentu pasti ada istirahat kecil biar otaknya gak mabok sama bisa rebahan sebentar.

Harapan ane sih SD itu bisa jadi angin segar bagi pendidikan kita. Sekolah berbasis alam dengan uang sekolah yang ramah masyarakat miskin dan kualitas terbaik. Lulusannya pun bisa berguna di masyarakat dan menjadi agen perubahan bagi lingkungan mereka.

Moga aja khayalan ini bisa kecapaian. Āmīn.

2019 Ganti Internet

Belakangan ini lagi rame soal “2019 ganti presiden” di media sosial. Siapapun presiden yang terpilih, semoga saja kebijakannya lebih memihak rakyat.

Banyak orang yang bilang, termasuk temen-temen ane yang aktivis di statusnya, soal pemerintahan sekarang yang ngaco. Hal yang paling kerasa dari rakyat kecil adalah harga semakin mahal, gaji yang ada gak cukup buat memenuhi kebutuhan sehari-hari, apa-apa susah, dan kurs dollar makin naik. Di samping perasaan lega setelah hutang lunas di era SBY (seingat ane dari berita, negara hanya bayar bunga pinjaman yang lebih gede dari hutangnya dan masih belum lunas) eh hutang nambah lagi. Tapi ane gak bakal omongin soal politik. Ane cuman ngomongin soal internet.

Hal yang paling kerasa banget di mata anak muda dari pemerintah sekarang cuman dua: kurs dollar sama internet. Soalnya anak muda gak pernah lepas dari gadget.

Ane inget dulu pernah nanya soal harga kamera DSLR yang dijual di Jonas. Ane bingung liat harganya yang aneh di etalase. Kata pegawainya, harga kamera DSLR itu bergantung sama kurs dollar jadi harganya gak pasti. Jangankan harga kamera DSLR, dari HP baru sampe GoPro pun kadang ada yang pasang harga gitu di etalase.

Itu tadi hubungannya kebijakan pemerintah sama perangkat elektronik. Apa hubungannya dengan internet?

Indonesia adalah salah satu negara dengan koneksi terlemot di dunia tapi anehnya dalam jumlah pengguna internet paling aktif salah satu yang terbesar di dunia. Ane pernah baca dari laporan Akamai, peringkat Indonesia sempat naik di era SBY tapi menurun di era sekarang. Apa yang bikin koneksi internet lemot? Ane pernah dijelasin sama dosen dengan bahasa yang singkat.

Anggaplah internet itu sebagai jalan raya dan pengguna sebagai mobilnya. Kita sering kesel liat jalanan macet setiap hari terutama di kota-kota besar. Jumlah kendaraan semakin bertambah tapi jalannya masih gitu-gitu aja. Akhirnya kita lama sampai ke tempat tujuan. Begitupun internet. Emang enak lewat jalan yang penuh sesak kayak lagi mudik? Gak lah.

Kenapa internet di Indonesia lemot banget? Kasusnya sama kok kayak jalan raya yang selalu macet di kota besar. Pembangunan jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan ditambah kurang pemeliharaan.

Ane inget pas era SBY, pembangunan jaringan fiber optik gencar dilakukan. Gak cuman untuk memenuhi kebutuhan acara besar seperti KTT di Bali dulu yang banyak digelar selama pemerintahan SBY, buat kenyamanan kita juga. Dulu pake torrent enak, unduh dari server IIX kenceng, apalagi pake XDCC. Sekarang buat unduh dari server IIX aka lokal juga empot-empotan. Malah berasa nostalgia masa-masa SMP di musim lebaran.

Ane inget pas zaman SMP. Pake IDM, buka YouTube, ato main Audition diamuk satu warnet. Untung pas zaman SMK koneksi internet meningkat drastis. Di warnet yang dulu paling mentok 40 kbps (plus diamuk) pake IDM pun meningkat sampe menyentuh 1 Mbps pake IDM. Buka YouTube lancar, internet stabil biar lebaran, dan di kampung pun masih ada sinyal. Lebaran kemaren aja sodara ane frustasi setengah mampus. Jangankan buat main Mobile Legends, kirim pesan WhatsApp aja pending mulu padahal sinyal 4G mentok.

Kalo di era kemaren banyak protes soal internet positif tapi internet jalan terus, sekarang protes soal 4G lemot dan iklan aneh-aneh jalan terus. Bahkan sempat ramai petisi orang tua gara-gara halaman depan YouTube berubah jadi bokep.

Daripada ribut-ribut soal ganti presiden, mending kita ribut soal internet. Orang Indonesia itu ketergantungan banget sama internet. Kalo internet gak lancar, gimana bisa nonton drakor, main game, bisnis daring, cek pergerakan saham di bursa, apalagi mewujudkan smart city!

Antara Wagyu dan JCo

Belakangan ini ane bingung soal berita yang tersebar di internet mengenai JCo. Katanya sih gak ada sertifikasi halalnya. Bener ato gaknya sih mending klarifikasi langsung sama MUI pusat.

Toh sebenarnya sertifikasi halal itu gak gampang. Apalagi dengan toko sekelas JCo dengan beragam pilihan menu yang tersedia.

Seinget ane, ambil contoh menu burger donatnya, buat sertifikasi halal itu kudu diperiksa dari hulu sampe hilir. Mulai dari pemeriksaan kesehatan hewan pedaging, pemeriksaan sertifikasi halal dari rumah potong hewan mitra bisnis, pemeriksaan sertifikasi dari importir kalo pake daging impor, hingga inspeksi cara masaknya langsung di toko. Makanya di luar negeri sendiri, sertifikasi halal itu dianggap standar internasional. Gak cuman meyakinkan konsumen yang muslim sih, standar mutu produk halal yang ketat menjamin produk berkualitas berada di tangan konsumen.

Ane jadi ingat tulisan ane soal debat dengan kakak ane. Kali ini debat ronde ketiganya: masalah halal dalam makanan.

Seingat ane, halal itu dilihat dari sumber dan proses mendapatkannya. Misalnya babi yang disembelih sama muslim tetep aja haram apalagi beli daging sapi pake duit hasil korupsi.

Ane sih termasuk orang yang gak gampang percaya gitu aja sama broadcast di internet. Pengalaman membuktikan lebih banyak kabar burung daripada benernya. Itu jadi salah satu alasan ane mengurangi aktivitas di jejaring sosial. Soal JCo sih mending minta klarifikasi langsung dari sononya aja.

Bagaimana dengan wagyu yang jelas-jelas dikasih makan pake campuran sake? Kalo di Jepang sih jelas haram. Soalnya yang sembelihnya nonmuslim ditambah prosesnya yang kayak gitu. Nah kalo di Indonesia sih wallahu ‘alam. Soalnya bukan orang Lampung jadi gak bisa kepoin langsung peternakannya.

Eh malah berantem lagi gara-gara wagyu.

Masalah halal itu sama sensitifnya kayak ngomongin pelakor. Belajar masak itu penting biar kagak dikibulin sama pedagang dan restoran nakal di luar sono. Toh halal itu sama aja dengan hak konsumen.

Ada masalah soal halal bisa lapor ke MUI sama YLKI. Ada broadcast gak jelas soal isu halal haram ya mending gak usah percaya. Selidiki dulu faktanya di tempat itu sama MUI biar lebih tenang. Kalo ada yang aneh-aneh bisa lapor juga ke YLKI, BPOM, sama polisi. Biar kita tenang dan gak ada orang lagi yang jadi korban.

Intinya jadi tukang jajan cerdas dikit lah. Jangan cuman tahunya isu sama tempat kongkow yang cocok buat selfie lah.

Jalan, Fenomena Mudik, dan Cars

Lagi enak-enak nonton konser Via Vallen eh malah gangguan. Ya sudahlah ane setel TV kabel. Ane bingung mo nonton apa. Soalnya di luar jadwal tayangan yang biasa ane tonton. Biasanya ane setel TV kabel buat nonton film Indonesia jadul, acara masak, film, sama anime. Harusnya sih tulisan ini udah kelar. Cuman ya terhenti gara-gara asyik nonton Cars 3.

Tulisan ini gak kepikiran pas lagi nonton Cars 3 di Fox Movies. Ide bikin tulisan ini kepikiran pas ane lagi ngobrol sama Teh Fitri, sodara ane, pas lagi ngumpul di rumah Ua Oso.

Ane pernah baca tulisan lawas. Ane lupa sumbernya koran, majalah, ato internet. Tulisannya berkata Indonesia bikin jalan tol duluan tapi ironisnya jalan tol di Malaysia jauh lebih banyak daripada di Indonesia. Masalahnya di Indonesia cuman satu kok: pembebasan lahan yang bikin pemerintah geleng-geleng.

Bersyukurlah buat generasi 90-an yang lahir di Jakarta, Bandung, “Bandung Coret” (orang Bandung pasti ngerti maksudnya apa), Cimahi, Purwakarta, Bogor, Semarang, Cirebon, dan Surabaya. Kita sudah kenal jalan tol jauh sebelum kita lahir. Semua kota itu adalah kota-kota yang menjadi jalur perlintasan tol-tol lawas. Salah satunya tol Padaleunyi.

Seperti singkatannya tol ini memang menghubungkan jalur dari ujung Cileunyi sampai ujung Padalarang. Sebenarnya sih gak Padalarang banget melainkan perbatasan Padalarang sama Cimareme. Toh setiap ke rumah Ua Oso di Cijerah pun sering lewat sana. Ane inget waktu TK dulu pernah nanya ke Babeh.

“Beh, kok lewat jalan tol? Kenapa gak lewat patung ikan?” rengek ane di dalam mobil.

Dulu waktu ane kecil, ane inget sering nangis gara-gara gak lewat Patung Ikan. Nama salah satu patung di Bandung yang sampai sekarang ane gak tahu sejarahnya. Ane baca artikel di situs Serba Bandung tadi. Patung itu sudah ada sejak tahun 1993. Jadi udah ada sebelum ane lahir (baca: ane kelahiran ’94 kok). Patung itu diresmikan oleh walikota Bandung saat itu, Ateng Wahyudi. Berdasarkan cerita orang-orang, patung itu menandakan bahwa di masa lalu daerah sekitar Tegalega memang banyak ditemukan ikan mas.

Sayangnya patung itu sekarang udah gak “mancur” lagi kayak dulu. Ane ingat waktu kecil dulu. Cuman liat air mancur dari mulut si ikan dari balik jendela mobil pun udah bikin ane jingkrak-jingkrak kegirangan. Ane sering minta dikuncir setinggi pancuran air dari si mulut tiga ikan sekawan itu.

patung-ikan-moh-ramdhan
sumber: Serba Bandung

lokasinya di persimpangan jalan Moh. Ramdhan, deket Tegalega

Jalan tol memang cepat. Bisa menghubungkan dari rumah di Margahayu Rawa sampai ke Cijerah. Tidak perlu mengeluh dengan kemacetan by pass, lamanya stopan di jalur lingkar selatan (baca: dari jalan Peta, lewat simpang Jamika, sampe ujung persimpangan tol Pasir Koja), dan tentunya “bau tai kuda” Pola Cijerah. Hal yang selalu Babeh keluhkan tiap kali mau ke rumah Ua Oso.

Ane punya kebiasaan aneh sejak kecil. Gak cuman lebih senang foto objek daripada difoto. Ane sering duduk di jok paling belakang mobil. Alasan bodohnya sih biar enak tidur. Ane juga sering mengamati apapun objek di depan mata dari balik jendela mobil. Mulai dari Patung Ikan, reklame di pinggir jalan, baterai ABC besar di pinggir jalan provinsi Jawa Tengah, patung polisi bercat pudar, sampai pemandangan alam hijau menghampar di sepanjang jalanan. Justru ane lebih mengingat jalan dari suatu tempat hanya dengan memperhatikan pemandangan di sekitarnya daripada menghafal urutan nama jalan.

Sewaktu ane kecil, ane selalu bertanya-tanya.

Kenapa si Babeh tiap kali mudik pake mobil gak pernah lewat Pantura?

Kenapa berita mudik di televisi sering sorotnya Pantura mulu?

Ane baru sadar alasannya sewaktu ane masuk sekolah. Rumah si mbah ada di Solo. Jalur terdekat dari Bandung ya lewat jalur selatan. Mengikuti tanjakan Nagreg, berkelok-kelok melintasi Malangbong, melihat gentong-gentong besar di kawasan Gentong (sampe sekarang ane gak ngerti kok namanya Gentong, apa gara-gara banyak produksi gentong di sana?), naik turun bak rollercoaster di kawasan Ciamis, dan sampailah di hamparan patung tunas Pramuka berjajar di sekitar Purworejo. Sebelum akhirnya memacu di “lintasan balap” Yogyakarta dan berakhir di Solo. Hal yang biasa ane lalui kalo sekeluarga gak naik kereta Lodaya.

Hal yang ane sukai dari jalur selatan adalah pepohonan. Hijau, teduh, dan berasa pulang ke rumah. Pantesan orang Sunda mudah mager liat pemandangan alam di sekitarnya. Melihat pepohonan menjadi hiburan setelah bosan melihat hutan beton seharian. Kadang pohon berganti rumah, deretan kuburan berselang pohon kamboja, hamparan sawah seakan tak berujung, perbukitan lembut, dan melihat mobil lain di seberang dari ujung jurang.

Kemudian proyek lama itu pun berjalan. Proyek tol Trans Jawa sebenarnya ada sejak era Orde Baru. Baru terealisasikan di era sekarang karena masalah tanah. Orang-orang berbondong-bondong melalui jalanan lurus lengang yang seakan tak berujung. Dari ujung Merak sampai ujung Madura. Tidak kalah lebar dari jalan raya Pos-nya Daendels. Biar jalanannya setengah jadi pun tak masalah. Pikiran ane yang semula senang karena akan melalui jalur selatan lagi pun buyar.

Tiga tahun belakangan ini selalu lewat Pantura. Meskipun mulanya di setiap pulang ke Bandung mampir ke Kutoarjo, ujung-ujungnya Pantura dan tol lagi. Jalan tol memang bagus tapi gersang. Ane lebih senang memandangi pemandangan tol Padaleunyi, tol Palimanan-Kanci, dan tol Semarang yang hijau. Sejauh mata memandang bersekat pepohonan rimbun.

Ketika ane ngobrol di rumah Ua sama Teh Fitri, ane langsung kepikiran dengan Radiator Springs. Nama sebuah kota kecil dalam film Cars yang terlupakan seiring dengan pembangunan jalan tol. Saat itu acara silaturahim keluarga berubah menjadi perbincangan politik bagi bapak-bapak dan mobil bagi perempuan. Pertamanya ngomongin Tomica malah ujung-ujungnya jadi ngomongin jalan raya.

tomica-avanza-veloz-silver
sumber: eBay

kocak juga taruh ini di dalem Avanza

Waktu itu Teh Fitri bilang kalo Indonesia itu belakangan ini lebih mengutamakan pembangunan jalan tol daripada jalan raya biasa. Pas zaman pak Harto dulu, pembangunan jalan tol dan jalan raya itu sama seimbangnya. Ane tahu itu dari salah satu supir angkot Margahayu. Di Bandung sendiri, jalur by pass dengan tol Padaleunyi itu waktu pembangunannya pun berdekatan. By pass rampung di era 80-an sementara tol Padaleunyi rampung tahun 93.

Padahal bangun jalan nasional, provinsi, dan jalan desa itu jauh lebih penting bagi perekonomian setempat. Bayangkan saja setiap hari harus angkut telur dari peternakan di desa sambil melalui jalan jelek. Pasti telurnya tidak akan utuh 100% ketika sampai di pasar. Ane selalu kagum tiap balik ke tempat si mbah. Jalan desa masih bagus meskipun ada pembangunan jalan tol dekat desa. Begitupun dengan Yogyakarta. Jalan desa ato jalan kota pun sama mulusnya.

Jalan tol hanya menguntungkan orang kaya, itu kata Teh Fitri. Tarifnya pun tidak sedikit untuk bepergian dari Bandung sampe ke Solo. Ane ingat si Babeh kudu sediain uang e-Toll 600k buat ke Solo bolak-balik. Untungnya si Babeh gak lewat Padaleunyi terus bablas sampe Solo. Babeh masuk lewat Kertajati yang langsung tembus Cipali. Alasannya muter balik di samping tarif yang kudu dibayar pun tambah mahal. Itu belum termasuk uang bensin sama istirahat di rest area. Sementara dulu duit 600k itu sudah cukup buat istirahat di restoran sama beli oleh-oleh.

Jika semua orang terus lewat jalan tol, mereka mungkin akan lupa akan indahnya pemandangan alam sekitar di sepanjang perjalanan. Itu yang Sally katakan pada Lightning McQueen dalam film Cars. Setiap jalur punya keindahan tersendiri. Jalur Pantura memiliki hamparan pohon bakau berselang rawa tepi pantai di Tegal. Jalur selatan memiliki Garut Selatan dan Cilacap yang memiliki jalur ekstrim dengan pemandangannya menawan. Pantai di sana masih perawan. Cocok untuk selfie atau sekedar membidik kamera mengabadikan pemandangan.

Imbas pembangunan jalan tol paling terasa di mata para penjual oleh-oleh tepi jalan. Mereka adalah penduduk sekitar yang menjajakan produk khas daerahnya. Mata pencaharian mereka berada di jalanan. Menanti pengunjung yang sekedar singgah mencari buah tangan. Berkurangnya kendaraan yang lalu lalang perlahan melumpuhkan bisnis mereka. Lambat laun kawasan itu mungkin bisa sesenyap Radiator Springs tanpa ada penanganan yang tepat. Mungkin di masa depan kita lupa di Rajapolah ada sentra kerajinan tangan, Jatiwangi dengan genteng dan keramik, Cipacing dengan senapan angin, lanting bumbu beraneka rasa dari Kebumen, getuk goreng dan soto sokaraja dari Banyumas, semangkuk kecil sauto Tegal, enaknya sirup Tjampolay asli Cirebon, Jeniper khas Kuningan, kerajinan perak asli Kotagede, dan masih banyak cinderamata khas daerah lainnya.

Mudik adalah perjalanan kembali ke kampung halaman. Pemandangan sepanjang jalan adalah pengalaman yang berharga. Jangan sampai kenangan itu hilang oleh waktu akibat ego semata.

Bagaimana Cara untuk Menulis yang Jleb? Ane Sendiri pun Bingung

Apa judulnya itu click bait? Gak kok. Itu pengalaman pribadi.

Bicara soal tulisan tentang data detox, ane masih melakukannya. Ini adalah kali keempat ane bersihkan akun Facebook ane. Di sela-sela ane bersihin “aib” zaman 4l4y chuunibyou jahiliyah, ane dapet pesan dari Ricky. Dia salah satu temen satu guild ane yang nyaris gak ada kabar entah itu di grup anak-anak guild ato secara personal. Ane cuman ngobrol bentar lalu habis itu log out lagi. Akun Facebook itu adalah akun dengan paling banyak “aib” dibandingkan dengan jurnal ini.

Untungnya dulu gak sering nulis gara-gara koneksi internet terbatas. Ane ingat waktu pertama kali bikin jurnal ini sepuluh tahun yang lalu. Ane kudu ngantri menunggu jatah penggunaan internet gratis di Perpustakaan Daerah, satu-satunya tempat di masa itu dengan koneksi internet jauh lebih baik. Kadang ane kebagian kadang pula malah berakhir di ruang baca majalah untuk baca majalah tentang komputer.

Sementara kasus akun Facebook ya koneksi internet di Indonesia jauh lebih baik. Apalagi dengan trik niatnya Atfan dan Ali, temen ane di ekskul jurusan, ngakalin koneksi internet di SMK pake Cheat Engine (sekilas itu lelucon tapi bener-bener ngaruh). Banyak aib di sana mulai dari curhat gak jelas sampe sensasi ketahuan sama guru *tengsin ah, mending ngacir!*.

Ane baca satu persatu status ato komentar di akun ane. Ada status yang amit-amit jabang bayi, konyol, tapi ada status yang bener-bener bikin ane “kok bisa nulis kek gini sih?”. Salah satunya ane jadiin screenshot buat kenang-kenangan.

status-aneh-bin-ajaib
sumber: arsip pribadi

Ane inget status itu dibuat pas masih kuliah. Waktu itu dosen yang ane maksud di status ini (baca: Pak ST, dosen tsundere penyuka kucing) lagi marah-marah di kelas. Ane ingat beliau marah gara-gara satu kelas gak baca materi sebelum kuliah dimulai. Perkataan beliau ane abadikan jadi status. Pas ane baca status ini bertahun-tahun kemudian, ane mulai sadar soal perkataan ato tulisan ane yang kadang jleb di saat yang tidak tepat.

Ane jadi inget waktu PKL SMK dulu. Hanif, partner-in-crime ane di kantor, tampak kesel nungguin update game yang gak kelar-kelar di sela-sela ngerjain tugas kantor. Pas dia ngajak ngobrol, ane jawab gini.

“Buat apa game ada patch-nya jika sejak awal pun sudah sempurna?”

Mungkin jika kondisinya ane dan Hanif ketemu lagi di tempat PKL sewaktu kuliah perkataan ane bisa berbeda.

“Buat apa ada fase maintenance dalam perancangan sistem jika sejak awal program pun sudah deliverable?”

Ane sadar ketika melihat status lawas itu. Kata-kata bukanlah untaian huruf-huruf yang menjadi hiasan di atas kertas. Layaknya kaligrafi indah untuk kita pajang di dinding. Kata-kata adalah wujud ungkapan perasaan kita dalam bentuk aksara. Penulis sekelas Ernest Hemingway pun bisa memikat jutaan pembacanya dengan tulisan sederhana. Kesederhanaan itu kadang bisa mengantar kita menulis sesuatu yang jleb di samping pemahaman kita akan suatu konteks.

Ane gak bisa cerita panjang lebar lebih dari ini. Ane tahu. Ane tidak bisa menemukan cara untuk mengatakan pada orang-orang, “Gini lho cara bikin tulisan yang jleb.” Karena ane sendiri pun tak tahu bagaimana cara untuk menulisnya. Semudah itu.

 

 

Lagu Korea Lawas Dari Mana Aja

Awal mula ane tahu soal KPop itu dari … nonton drakor. Beda dari anak-anak seangkatan ane aka generasi 90-an mayoritas tau dari game Audition. Makanya ane bisa ngegosipin Rain sama si Ghia waktu SD juga. Malah review cerita si Sam Soon yang bikin ane diledekin Kim Sam Soon di kelas waktu SMK. Itu semua gara-gara si Noey, rekan ane di fansub dulu yang juga penyuka drakor di SMK. Dia itu cowok lho. Hobinya aja nonton anime ecchi sama drakor.

Tapi sekarang gak terlalu ngikutin soal KPop apalagi drakor. Kalo KPop alasannya kayak mas Hansol di vlog-nya, makin ke sini makin kebarat-baratan dan kehilangan identitasnya. Ane pernah baca salah satu thread lawas di Kaskus yang diambil dari wawancara orang Korea langsung, orang Korea juga gak terlalu suka.

Kalo drakor sih kasusnya sama kayak milih anime, ane bingung mo nonton yang mana. Drakor dulu soal cerita sama temanya lebih bervariasi (termasuk wajah IYKWIM). Sekarang terlalu banyak romance yang lebih bikin anak-anak cewek melayang. Jujur ane gak terlalu demen genre romance. Ditambah lagi drakor itu banyak adegan … kisseu jadi ane harus nyari-nyari waktu biar keponakan ane gak asal nyelonong ikut nonton.

Berhubung ini ngomongin soal yang lawas-lawas, ternyata drakor era 2010-an pun disebut lawas, jadi ane cuman bahas lawas-lawas aja.

No Brain – Your Crush on Me

Bicarain soal KPop, identik sama boyband sama girlband. Tapi … hal yang pertama ane bahas itu band metal. Yup, No Brain itu nama salah satu band metal sepuh di Korea sana. Ane pernah baca di internet, band metal sama rock di sana lebih banyak bergerak di jalur indie daripada mayor. Tahu lagu ini dari mode gitar Audition tapi belakangan ini ane baru nyadar kalo ini OST Coffee Prince. Itu lho drakor lawas yang pernah dibintangi sama Gong Yoo juga. Mungkin dulu pas masih tayang di Indosiar gak terlalu suka nonton makanya gak perhatiin.

Oh stand by me, stand by me, bala-bala~ *sambil headbanger gak jelas di kamar*

Urban Zakapa – Just the Two of Us

Nemu dari … random *gubrak*. Ane pernah denger dari acara kayak MTV Unplugged gitu cuman ane gak tau judulnya. Ini salah satu grup co-ed yang underrated dan lebih sering muncul buat isi OST drakor. Monggo disimak :3

Buat yang demen cari KPop rasa berbeda, ane rekomendasiin ini deh. Berhubung ane bagikan langsung dari akun YouTube Urban Zakapa, jangan lupa like dan subscribe.

As One – Do I Have to Feel Sorry

Buat yang demen sama drakor lawas, pasti pernah denger petikan gitar bersuara lembut ini. Yup, ini adalah salah satu OST dari drakor lawas Sassy Girl Chun Hyang. Drakor yang masih bikin sakit perut liatin ulah Chun Hyang dan Mong Ryong.

As One sendiri memang unik sesuai dengan namanya. Personelnya cuman dua orang tapi suaranya berasa satu orang. Baru bisa ketahuan jelas bedanya kalo pake headset. Ini salah satu generasi KPop lawas yang tidak memandang muka sebagai faktor utama tapi kualitas vokal yang bicara.

Omong-omong, judul pake bahasa Inggrisnya apa sih? Lupa. Kalo judul aslinya ada kata “mianhae” yang artinya “maaf”.

SG Wannabe – Sunflower

Ane inget dulu pas main Audition. Orang-orang terdekat ane yang sering satu room bareng pasti tahu kebiasaan ane. Kalo gak minta request lagu Voyage-nya Ayumi Hamasaki ya lagu ini. Ini salah satu lagu favorit ane di Audition yang nemunya gak sengaja dari acara TV.

Ane sering bingung sama nama dari grup Korea yang sering aneh-aneh. Pas ane baca infonya di IDWS, nama itu diambil dari salah satu duo legendaris Amerika, Simon & Garfunkel. Kalo gak salah sih mereka itu fans beratnya gitu lupa. Selain As One, sebenarnya masih banyak grup asal Korea yang secara tampang biasa aja tapi punya vokal berkarakter. Bahkan salah satu anggota SG Wannabe itu ada yang mukanya … beda tipis sama Kwang Soo tapi dia punya power yang paling kuat di antara semuanya. Ane tahu itu pas nonton versi live-nya di TV. Dulu pernah ada di Indosiar tiap akhir pekan sore-sore.

Buat penyuka genre ballad dan sebangsanya, bisa coba lagu yang satu ini. Tulisannya “haebaragi” dan itu artinya “bunga matahari” kok.

Kim Tae Woo – The Wings

Bicara soal Audition, ini juga masuk daftar lagu yang paling sering ane denger tiap main. Ane justru baru sadar lagu ini bukan dari Audition. Kakak ane itu fans beratnya oppa Lee Min Ho. Jadi apapun drakor yang ada Lee Min Ho pasti ditonton. Salah satunya Personal Taste yang pernah tayang di Trans7. Biar kata drakornya tayang di waktu yang gak tepat pada masa itu (kalo gak salah pagi-pagi), Trans7 tetep puter sampe tamat. Bahkan kakak ane pun masih suka puter ulang drakor itu.

Sebenarnya di Audition banyak banget OST dari drakor Personal Taste. Cuman di antara semuanya, ini salah satu favorit ane buat main.

Clazziquai – Be My Love

Si Noey apa kabarnya ya? Cuman Yogz ama Okta yang masih ada kabarnya. Dia salah satu cowok di kelas ane waktu SMK yang masih nyambung diajakin ngobrol soal drakor. Kampretnya lagi ane malah dibilang si Sam Soon sama bocah maniak ecchi yang satu ini.

Bicarain soal si Sam Soon, di Korea sendiri disebutnya Bridget Jones Diary versi Korea. Tokoh utamanya sama-sama orang gendut yang susah cari jodoh tapi fokus ceritanya beda. Intinya cerita si Sam Soon itu tentang buang sial. Sam Soon pengen ganti nama terus gara-gara dia susah dapet jodoh (di samping postur badannya yang plus size juga). Ane tahu drakor ini dari Ghia pas zaman SD. Lucunya baru tayang di Indosiar pas ane SMK. Jadilah ane dikatain Sam Soon sama si Noey juga.

Ane baru tahu judul lagu ini dari Audition. Itu pun pas ane lagi main mode random buat latian. Buat yang pengen coba suasana baru dengan nonton drakor lawas, My Lovely Kim Sam Soon boleh diperhitungkan buat ditonton. Lagunya juga konyol kayak drakornya.

Lee Hyun – My Heartache

Gara-gara Audition, selera ane soal KPop rada aneh dari kebanyakan pemain. Ane lebih demen grup yang bukan boyband ato girlband. Salah satunya 8Eight, salah satu grup co-ed yang kalo gak salah udah bubar. Suara Lee Hyun itu emang kuat jadi ane bisa bedain dari sekali denger.

Lagu ini sebenarnya OST dari si A Gentleman’s Dignity. Drakor komedi romantis ala bapak-bapak (dan pemainnya pun sudah berumur pula) yang masih bikin ane sakit perut. Kelakuan konyol dari empat sekawan di usia 40 tahunan itu yang jadi daya tarik dari drakor ini. Udah tua masih aja doyan nongkrong di warnet main LoL, godain janda orang di hari kematian suaminya, gangguin orang, sampe foto pas hajatan pun gak pake sepatu.

Di antara semua OST dari drakor ini, ane paling demen yang ini.

Lee Hyun – 30 Minutes Ago (feat Lim Jung Hee)

Buat para pemain Audition veteran, lagu ini adalah lagu sakit tangan. Tangan keburu kejang-kejang liatin lagu ini 186 BPM. Tapi sih buat lagu cepet rasanya gak cocok. Soalnya ini lagu ballad.

Kalo gak salah lagu ini masih nyambung sama lagu lain. Jadi kayak cerita gitu pas liat MV-nya. Ane lupa urutannya. Salah satu lagu dalam urutannya itu Like Being Shot by a Bullet-nya Baek Ji Young.

Saran buat pemain Audition yang masih aktif … mending jadi BGM aja deh daripada sakit tangan :d

Vibe – That Man That Woman

Ini versi aslinya. Bukan versi remix yang biasa dipake pemain Audition buat sparring lomba PF.

Bicara soal Audition, ane inget dulu sering pake lagu ini buat selesain story yang butuh skor gede ato PF. Barengan dengan lagu Umbrella, Partner For Life, Garden of Love, dan Be My Lover. Semuanya itu lagu dengan durasi di atas 5 menit semua jadi kalo target skor ato PF gak nyampe masih bisa kekejar.

Lebih enak mana, versi remix di Audition ato versi aslinya?

Epik High – Fly

Harusnya sih ini masuknya ke tulisan ane yang lain cuman malah gak ketulis. Jadilah ane tambahin ke sini.

Kalo sebelumnya ane nemu lagu dari drakor ato Audition, ane nemu lagu ini dari osu. Jadi ane main dari osu dulu terus nemu ini di Audition. Ini adalah salah satu lagu pertama ane yang bisa ane mainin lancar di level insane. Ada lagu lain yang bisa loncat insane tanpa bantuan belajar lewat mode no fail.

Di tulisan tentang osu ane pernah bahas soal Aoyama Thelma – Happiness. Itu lagu insane yang paling gampang dipelajarin sama pemula dalam waktu singkat. Lagu kedua itu lagu ini. Patokannya itu di beat dari lagu ini yang khas jadi gak begitu susah pas loncat ke insane. Lagu ketiga itu lagunya Yousei Teikoku yang ada kata “underwater” gitu. Asal tahu beat-nya gak terlalu susah. Lagu keempat Nekomata Master – Silence. Itu sih bukan gampang malah “kepaksa loncat”. Soalnya diff-nya loncat dari easyhardanother (kalo gak salah another itu di atas insane)-sama satu lagi lupa. Sama satu lagi lagu Sasaki Sayaka – Zzz.

Awalnya ngomongin lagu Korea malah ujung-ujungnya bahas osu ya? Toh emang ane sering mainin lagu ini di osu. Saking seringnya mainin lagu ini di osu, eh beat pas main Audition malah ngikut beat di osu. Ane juga baru tahu kalo lagu ini OST FIFA 07 dari komentar di akun resminya.

Baek Ji Young – After A Long Time

Buat gak tahu penyanyi yang satu ini, di Korea sono dipanggil “Queen of Drama” saking seringnya isi OST drakor. Ciri khas dari lagunya itu genre ballad dengan power yang kuat.

Lagu ini merupakan salah satu OST dari Rooftop Prince, cerita soal pangeran ndeso di masa depan bersama para ajudannya. Sayangnya ane rada susah cari video pas lagi tampil di konser ato acara televisi jadi ane cuman masukin karaoke. Siapa tau ada yang pengen nostalgia sambil karaokean?

Kalo ditanya OST drakor favorit di antara semuanya, ane jawab yang ini. Mo versi Baek Ji Young ato versi Jo Eun pun sama-sama jleb tanpa harus terlalu galau.

Itu dia daftar lagu Korea lawas versi ane. Jadi apa versi teman-teman? Ane tunggu komentarnya ya 😀