Kecelakaan dan Pertolongan Pertama

Ini judulnya gimana sih? Katanya orang sakit gak boleh puasa, tapi kok—jangan julid dulu. Begini nih ceritanya sodara-sodara!

Bulan Puasa Terburuk

Malam Lailatul Qadar itu berasa ngedapetin karakter gacha SSR. Kita gak tahu peluangnya berapa dan cuman bisa dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Boro-boro bisa ibadah, berdiri aja susah.

Pikiran naif ane sebelum bulan puasa begini.

Ah, aku mau maksimalin penjualan pas bulan puasa. Soalnya ada pasar Ramadhan deket rumah tuh. Pasti cuannya gede. Udah gitu bisa ngasih keponakan THR sama bisa bayar zakat sendiri.

Ngarep sih boleh-boleh aja ya.

Penjualan dorayaki ane emang sempet seret sebelum puasa kemaren. Hal itu semakin diperburuk dengan kantin sekolah tutup. Pemasukan terbesar ane emang dari penjualan di kantin sekolah. Pas ane nawarin ke toko kue lain, ditolak semua. Ane pikir toko kue lain di sekitar lingkungan rumah itu masih buka peluang buat ngisi. Tahunya udah keduluan sama orang lain.

Alhasil, sumber pemasukan ane cuman dua karena kantin sekolah mana yang buka pas bulan puasa. Mau kena grebek FPI? Itu pun di toko kue langganan sama tetangga yang jualan takjil di rumahnya. Rumahnya itu bisa dibilang dulunya bekas kedai kecil yang entah kenapa tiba-tiba tutup. Padahal tempatnya rame banget lho.

Pas awal bulan puasa, ternyata penjualannya masih seseret sebelum puasa. Sampe pemilik toko kuenya aja bilang gitu biar ngambil dorayakinya dua hari sekali aja. Soalnya ya ane produksi rutin tiap hari terus nganterin dorayaki ke toko kue masih pake sepeda. Katanya sih biar bisa mengurangi emisi karbon sekaligus maksa si pedagangnya olahraga tiap hari. Biar penjualannya sedikit juga ya syukuri aja. Setidaknya ya masih bisa break even point alias balik modal. Kagak boncos apalagi modal kepake mulu sama keluarga. Ups.

Baru satu minggu berdagang, ya pemasukannya gak sebanyak hari biasa lah. Ane maklumin soalnya itu minggu pertama jualan. Minggu pertama ‘kan belum banyak orang yang tahu kalo ane jualan dorayaki. Dulu aja pas pertama jualan untungnya gak segede kemaren-kemaren kok.

Pas minggu kedua, itu baru penderitaan.

Semua berawal dari stok bahan baku produksi yang udah menipis. Terigu abis. Telur abis. Kampret. Gimana bisa produksi? Emang bisa bikin dorayaki pake gula doang? Asli. Pas waktu itu ane teledor pake banget buat ngecek stok bahan. Padahal biasanya ane selalu ada cadangan stok minimal buat dua hari produksi.

Pas ane mau belanja bahan baku, Emak minta tolong.

“Ka, tolong ke tukang sayur buat nanti masak soto pas buka!”

Ane sih iyain aja sekalian mau ke luar buat beli stok bahan. Tahunya keponakan ane baru pulang sekolah. Kata Emak ya mending belanja bareng sama keponakan aja pake motor. Keponakan ane itu panik. Soalnya waktu itu dia nyelametin anak kucing yang ketinggalan sama induknya. Kondisinya masih kecil pake banget dan saat itu susunya (susu buat kucing balita ya) abis.

Akhirnya ane sama keponakan belanja ke tukang sayur dulu. Nah, pas mau belanja stok bahan, feeling ane udah mulai kagak enak. Bawaannya pengen pulang, kasih barang belanjaan ke Emak, terus belanja sendiri pake sepeda. Masalahnya keponakan ane ngotot pengen ke pet shop gara-gara kucingnya kritis. Dia keukeuh kitu kudu ke pet shop sekarang.

Tahunya ya ane celaka di tengah jalan. Batal sudah rencana ane buat cari cuan sekaligus memaksimalkan ibadah di bulan puasa tahun ini.

Ujian di Bulan Ramadhan

Kembali ke nasib apes. Hampir sebulan ini ane gak bisa ngapa-ngapain karena kecelakaan motor. Itu jauh lebih parah dibandingin ketabrak motor dulu karena lukanya jauh lebih besar dan dalem.

Terus kecelakaannya gimana? Jadi, kecelakaannya ujug-ujug gitu aja. Ane ‘kan naik motor sama keponakan. Posisi duduk ane gak nyaman gara-gara ngelewatin jalan jelek terus ponakan yang kakinya panjang ngebut. Soalnya dia panik gara-gara kucingnya udah lemes. Tahu-tahu ane gak ngerasa apa-apa terus kaki ane udah luka dan pendarahan gitu aja. Kalo kata tukang ojek yang nganterin ke klinik, motor yang dibawa keponakan itu nyerempet ke motor yang parkir sembarangan. Kaki ane kena bagian dari motor yang tajemnya.

Ane emang sempet dibawa sama tukang ojek ke klinik terdekat. Sementara ponakan balik lagi ke rumah. Belum lagi rahim cenat-cenut karena nyeri hari pertama haid. Selama hampir satu jam, ane ambyar. Duduk aja susah saking pendarahannya susah berhenti. Curiga sih kena arteri/vena yang besar makanya pendarahan terus. Apesnya lagi, dokternya baru pulang beberapa menit sebelum ane sampe di klinik. Kampret emang.

Selama hampir satu jam? Ane jerit-jerit sambil baca istighfar sampe bikin resepsionisnya kesel. Untungnya klinik itu lagi sepi. Resepsionisnya terus nenangin ane, tapi rasa sakit dari luka yang menganga dan diperburuk nyeri haid itu kombinasi mengerikan. Belum lagi resepsionisnya bilang gini.

Resepsionis: Bisa tenang gak?

Ane: Sakit, Mbak! Emang gak ada air, betadine, ato alkohol apa? Gimana kalo lukanya kena infeksi?

Resepsionis: Aku bukan dokter. Aku gak bisa ngobatin luka.

Ane: (mendongkol dalam hati sambil nahan nyeri)

Lucu emang. Nyeri haid malah mengalihkan rasa sakit dari luka. Adanya lebih nyeri di rahim seiring berjalannya waktu daripada lukanya!

Terus ane berusaha bujuk si resepsionisnya buat setidaknya ngasih pertolongan pertama. Minimal mencuci luka. Itu pun yang ane pelajarin waktu masih ikut PMR. Setelah tawar-menawar alot, akhirnya resepsionisnya mau mencuci luka yang kadung menganga mirip orang mangap. Udah gitu. Kaki ane juga dikasih ember saking banyaknya darah yang mengalir.

Gak lama setelah itu, Emak dateng dianterin keponakan. Ane dimarahin Emak sebentar gara-gara belanjaannya gak dateng-dateng. Pantesan aja punya feeling gak enak kudu pulang. Untungnya Emak langsung ngasih pertolongan pertama sebelum bawa ane ke UGD.

Antara Luka dan Trauma

Bicara soal celaka, itu udah jadi nama tengah ane dari kecil. Maklumlah. Ane itu emang orangnya agak ceroboh ditambah lagi motorik dan refleksnya kurang bagus.

Keseleo? Lah ini nama tengah ane waktu masih SD kok.

Keseleo ditambah luka pas di sendinya? Ini pernah. Rasanya sakit pake banget pas diurut!

Ketabrak motor? Waduh. Ini juga pernah.

Kesengat tawon? Mantap pake banget!

Kecelakaan pas lagi berenang di waterboom? Ini apalagi. Namun, insiden yang ini bikin ane kena PTSD parah. Ini bukan diagnosis pribadi. Ane sampe panik sampe dianggap orang lain kelewat lebai.

Insiden di waterboom itu berawal gak lama setelah ujian sekolah SD berakhir. Waktu itu emang anak kelas 6 itu masih ada ujian buat kelulusan. Masih ada waktu antara ujian sama pengumuman kelulusan. Ada beberapa sekolah yang masih minta anak kelas 6 buat masuk, tapi untungnya sekolah ane waktu itu libur. Mumpung lagi libur ya satu keluarga liburan ke waterboom.

sumber foto: Porapak Apichodilok/Pexels.com

Dulu ane gak jago renang. Makanya nama jurnalnya aja blubub14 karena itu onomatopea dari suara gelembung udara orang yang mau kelelep. Ane juga paling gak bisa berenang tanpa kacamata renang. Soalnya mata ane agak sensitif sama klorin. Waktu itu ane gak pake kacamata renang, renang dengan mata beda tipis dari Gus Dur, terus gak sadar ada yang meluncur dari perosotan di waterboom, dan boom! Jadilah kolam renang penuh darah!

Kok deskripsinya rada gore ya? Itu emang realita kok.

Gak lama setelah itu, berenangnya batal. Ane dibawa pulang dalam kondisi mata penuh dengan darah. Untungnya pendarahannya berhenti, tapi dengan bengkak di mata. Pas diperiksa ke rumah sakit, dokternya bilang kudu dioperasi. Cuman ya karena waktu itu belum bener-bener libur sekolah, jadi operasinya ditunda sampe libur.

Operasinya bisa dibilang blepharoplasty alias kelopak mata belo yang biasa dilakuin idol KPop. Soalnya dokter bilang ada gumpalan darah besar di kelopak mata dan kudu dikeluarin. Operasi itu yang bikin ane trauma sampe sekarang gara-gara biusan lokalnya gak bekerja. Otomatis ane bisa ngerasain gimana sakitnya pisau bedah waktu mengiris kelopak mata ane terus pas dijahit. Sejak saat itu, ane kapok bahkan trauma masuk ruang operasi lagi.

Trauma masa kecil ane kembali terulang setelah masuk UGD. Resepsionis di klinik deket rumah saranin bawa ke klinik besar yang ada di deket Ampera Cinunuk. Satpam UGD langsung bantuin ngasih kursi roda buat ane yang waktu itu dianterin pake mobil. Dokternya langsung tanya kenapa dan Emak bilang kecelakaan motor. Dokter langsung periksa ane di tempat dengan badan keringat dingin dan gemeteran. Emak aja sampe bilang lebai pas waktu ane diperiksa juga dibersihin luka sama dokter.

Saat yang paling ane takutkan pun tiba: operasi. Pada kasus ini, operasi minor. Emak bilang luka ane itu macam daging yang di-fillet. Emak pun sampe ngilu waktu liat lukanya yang udah bersih. Dokter UGD langsung minta tolong dokter bedah yang ada di sana buat jahit kaki ane.

Lagi, badan ane gemeteran parah. Pikiran ane bener-bener kacau. Jantung ane berasa main gim dengan lagu yang ketukannya lebih cepet daripada “Freedom Dive”. Emak nyuruh buat istighfar ato wiridan, tapi ane malah macam pengidap asma yang lagi kumat. Beda dengan sewaktu ane dibawa sama tukang ojek ke klinik deket rumah yang masih bisa baca wirid selama di klinik.

Ane cuman bisa pegang erat gagang besi di brankar pas waktu dokter suntikin obat bius. Rasa sakitnya malah jadi dua kali lipat. Padahal dulu pas masih kuliah dan bolak-balik ke rumah sakit buat tes darah aja, disuntiknya gak sesakit ini. Efek samping PTSD? Mungkin. Detak jantung ane semakin gak karuan biar Emak sama perawat berulang kali berusaha nenangin ane. Tarikan nafas ane jauh lebih kacau dibandingin waktu masuk ke ruang UGD. Semua berakhir setelah dokter bedahnya bilang udah selesai. Badan ane nyaris ambyar setelah itu.

Antara Mantan PMR dan Pascakecelakaan

Bagi orang-orang yang berpikir, semua kejadian yang kita alami itu pastilah ada hikmahnya termasuk sakit. Saat itu, pikiran ane melayang-layang gara-gara serangkaian insiden sebelum masuk UGD.

Terutama soal resepsionis klinik yang bilang gak bisa pertolongan pertama.

Pertolongan pertama (atau dulu dikenal sebagai P3K) merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat berguna di saat darurat. Setidaknya, kita pernah belajar ini di sekolah lewat Pramuka. Soalnya dulu ane pernah belajar soal ini pas Pramuka di SD. Pertolongan pertama itu penting karena bisa menyelamatkan orang lain. Banyak kasus kematian di luar sana berawal dari terlambatnya para korban menerima pertolongan pertama. Contoh yang populer ya korban kecelakaan dan gigitan ular.

Ane untungnya pernah belajar soal ini pas masih ikut PMR di SMK. Namun, ane ngerasa ilmu yang dimiliki itu masih kurang relevan dengan realita.

Pertolongan pertama.
sumber foto: Andrea Piacquadio/Pexels.com

Ane bener-bener awam buat merawat luka pascaoperasi yang agak besar. Dulu sih pas operasi mata lukanya gak segede sekarang. Kalo gak salah sih, gak sampe 2 cm. Itu yang ane tahu pas olesin salep di depan cermin dulu. Emak bilang kalo kaki ane itu dapet lima jahitan dengan luka sayatan yang dalam. Dokter emang sempet bilang kalo perbannya itu baru boleh dibuka tiga hari pascaoperasi. Obat yang dikasih dokter pun itu antibiotik sama paket untuk perawatan luka di rumah.

Ane bener-bener gak tahu kudu ngapain. Masalahnya merawat luka operasi gak semudah luka memar ato jatuh biasa. Belum lagi dulu gak diajarin untuk menangani luka operasi.

Ane cuman sebatas tahu kalo luka yang mengakibatkan pendarahan itu kudu ditekan dengan tangan yang ditutupi kain. Udah gitu bagian yang terluka itu diangkat tinggi lalu ditahan dengan kain bersih sampai gak ada lagi darah yang mengalir sewaktu dibersihkan/dibalut.

Kalo habis operasi? Ane cuman bisa nanya mbah Gugel. Untungnya ada tetangga yang dulunya perawat terus ngajarin cara merawat luka. Pas pertama kali ganti perban pun Emak minta tolong sama tetangga terus dijelasin setiap tahapannya biar bisa ngelakuin sendiri. Ya meskipun ane gemeteran setengah mampus pas bersihin luka sendiri.

Selain itu, masih banyak hal yang bikin ane bingung selama berada di UGD juga ditangani sama tetangga. Namun, hal itu gak banyak dijelasin baik dari materi Pramuka maupun materi PMR waktu sekolah dulu.

Kenapa cuci luka kudu pake air infus dan bukan air bersih apalagi alkohol?

Kenapa waktu mengeringkan luka kudu pake kasa dan bukan kapas?

Kenapa dokter ngasihnya salep dan bukan betadine?

Kenapa buat nahan luka yang dibalut perban kudu pake micropore dan bukan plester?

Kenapa dokter lebih sering pake sarung tangan karet daripada sarung tangan plastik?

Pertanyaan bodoh itu terus muncul di benak ane sewaktu berbaring total di rumah. Ane banyak belajar hal baru sewaktu terbaring di kamar sambil nyari informasi di internet juga nanya sama dokter sewaktu kontrol luka jahitan. Hal semacam itu tidak dijelaskan apalagi diajarkan di bangku sekolah. Padahal hal itu sangat membantu seseorang dalam melakukan pertolongan pertama. Apalagi untuk kasus-kasus seperti pengidap alergi atau diabetes yang perawatan lukanya jauh lebih sulit.

Saat itu ane ngerasa kalo ilmu ane, terutama dalam pertolongan pertama, amat sangat cetek. Ane justru belajar soal ini gara-gara kepaksa harus merawat luka selama hampir satu bulan ini.