Dilema ISBN dan Buku Baru

Kepala ane mumet soal buku dari bulan Februari. Masalahnya gini. Banyak pembeli, terutama orang terdekat, protes karena bukunya belum sampai. Banyak pula yang menuding penerbitnya itu penipu. Kepala ane sampe mabok karena kudu bales pertanyaan soal buku satu persatu.

Kapan bukunya terbit?


Kapan bukunya sampai?

Penerbitnya pasti penerbit bodong nih.

Beragam pertanyaan terus dicecarkan baik di WhatsApp maupun di dunia nyata. Bahkan pas lebaran pun hal yang lebih banyak ditanya masalah “buku terbit” bersama dengan “kapan kawin”.

Menerbitkan buku sendiri emang bagi sebagian orang gampang, tapi ada syarat dan ketentuan berlaku. Soalnya Allah juga suka ngasih ujian dalam bentuk kenikmatan.

Cerita di Balik Buku Terbit

Ada beberapa proses yang harus dilalui penulis untuk mencetak bukunya. Gak peduli lewat jalur penerbit atau mencetaknya sendiri. Salah satunya proses penerbitan ISBN.

Buku ane terhambat dari Februari sampe sekarang karena masalah ini.

Ane baru dapet kabar dari penerbit soal kebijakan baru Perpusnas. Yup. Perpusnas emang sempet maintenance sebulan lebih dan baru kelar pas puasa kemaren. Setelah itu, Perpusnas pun memiliki kebijakan baru.

Sekarang buku baru bisa memiliki ISBN kalo penjualannya minimal 50 eksemplar. Penjelasan lebih detilnya bisa dibaca lewat artikel ini. Itu artinya, pengajuan ISBN pasca-maintenance itu bisa ditolak kalo gak memenuhi syarat.

Apa itu artinya kita gak bisa nerbitin buku sendiri? Masih banyak cara kok.

Bisa kita terbitin versi terbatas lalu jual di Karyakarsa/Trakteer/Patreon.

Bisa kita jual lewat pasar khusus komunitas. Sayang aja pemerintah gak serius nanganin pasar ala Comiket ini. Udah gitu bikin regulasi yang jelas kayak pemerintah Jepang ngurusin perkara doujinshi dan hak cipta.

Bisa juga terbitin via Kindle. Baik versi print on demand maupun versi buku digital.

Kalo bukunya kudu terbit? Kemaren pas hubungin penerbit juga dikasih alternatif gini. Kita bisa ngajuin penerbitan buku sekaligus QRCBN. Itu info dari Perpusnas sih. Ane kurang paham soal ini karena masih teknologi baru. Penjelasan lebih detilnya bisa dicek lewat artikel ini.

Yup, akhirnya ane bisa nulis naskah lain dengan tenang karena ini. Setidaknya kepala ane gak mumet karena diteror “kapan terbit” setiap saat. Ya masih agak mending daripada “kapan kawin”.

Tinggalkan komentar