Tips Biar Download Lebih Efisien

Ane baru nyadar makin ke sini tulisan ane makin receh. Kata orang sih gak penting-penting amet. Tapi ya daripada gak ada ide, mending tangkep aja jadiin tulisan. Jadi inget kata ketua angkatan di himpunan yang rada-rada, Adam.

Ilmu itu liar. Ikatlah ilmu dengan tulisan.

Download atau unduh menurut terjemahan resmi yang ada di situsnya pak Onno dan Balai Bahasa. Intina mah sarua-sarua kénéh. Yup, kegiatan mengambil berkas (file) dari internet yang satu ini gak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Apalagi semenjak koneksi internet di Indonesia jauh lebih cepet dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Biar ada beberapa situs yang kena Internet Positif kayak BakaBT, tetap masih lebih baik dari zaman SMP.

Pas zaman SMK, ane banyak tahu tentang trik-trik unduh dari temen-temen ane. Tapi tetep paling ngakak itu akalin Internet Download Manager pake Cheat Engine. Hasilnya, koneksi Wi-Fi SMK yang labil pun bisa dipake unduh dengan kecepatan yang lebih stabil.

Nah, ane bakal cerita tips dan trik yang dikasih temen ane itu. Ada juga sih berdasarkan pengalaman pribadi jadi cekidot.

Kenali Sumber Unduhan

Lho, kenapa kudu kenalan dulu? Beda jenisnya beda juga cara buat unduh file-nya.

Pertama, direct link. Singkatnya tipe unduhan yang seperti ini biasa kita lakukan. Misal unduh mp3 di 4Shared ato unduh film di Ganool. Secara umum unduhan bertipe yang satu ini bisa dilanjutin ato gak tergantung dari server-nya.

Jadi kita bisa unduh secara langsung dari peramban (browser) ato dengan bantuan download manager.

Kedua, torrent. Pertama kali ane denger istilah ini malah inget ini.

Summon! Torrential Tribute! sumber: Yu-Gi-Oh Wikia
Summon! Torrential Tribute! sumber: Yu-Gi-Oh Wikia

Singkatnya torrent itu adalah teknik untuk mengirim berkas tapi rame-rame. Biasanya kalo mengirim berkas itu dari satu sumber (server) ke penerima. Nah, kalo torrent itu buat kirim satu file aja bisa dari banyak pengguna yang terhubung dalam swarm. Bisa dilanjutin kalo tiba-tiba kuota abis ato ada perbaikan jaringan? Bisa kok.

Buat unduh pake torrent kudu ada file torrent dari file yang kita butuhkan (lagu, film, software, dll.) dan torrent client.

Ketiga, DCC. Eh? Apaan ntuh? *dengan gaya babeh Jaja Miharja*

sumber : pikiran-rakyat.com
sumber : pikiran-rakyat.com

Kalo sumber yang ketiga lebih terkenal di komunitas. Karena ane pernah lama kecemplung di fansub, jadi ane kenal ini. Yup, DCC alias Direct Client-to-Client merupakan sebuah subprotokol dalam IRC yang digunakan untuk bertukar file dengan bantuan server IRC. Hah? Apaan tuh IRC? Anak era 90-an udah kenal kali ama ini.

Kalo gak kenal bisa tanya ke si mbah ato mungkin bisa cekidot video klip lawas ini.

Nah, berhubung DCC mengalami keterbatasan dalam distribusi file, dibuatlah metode baru namanya XDCC berdasarkan protokol tersebut. Mulai ngeh ‘kan? Salah satu pengguna setia XDCC yaitu komunitas fansub anime.

Kalo mo unduh pake DCC/XDCC? Kudu ada client IRC lah. Banyak kok di internet. Kalo anak era 90-an udah gak asing ama mIRC.

sumber: situs mIRC
sumber: situs mIRC

jadi inget zaman masih 4l4y pake ini

Ane cuman bisa jelasin sebatas ini. Kalo lebih jelasnya bisa tanya si mbah ato tanyain orang yang jauh lebih paham mengenai jaringan.

Siapkan Tool yang Tepat

Udah tahu jenis unduhan ‘kan. Sekarang kita mulai bahas tool yang tepat untuk sumber yang tepat. Seperti yang ane bahas sebelumnya, beda jenis sumber beda juga cara kerjanya.

Kalo unduh file bertipe direct link, kita bisa unduh langsung pake peramban. Bisa juga pake download manager.

Nah, download manager ada dua jenis. Ada yang ditambahkan pada peramban seperti FlashGot dan DownThemAll.

Ada juga yang jadi aplikasi terpisah seperti Internet Download Manager, Download Accelerator Plus, Free Download Manager, dan uGet. Kebanyakan aplikasi pengunduh itu dibuat untuk sistem operasi Windows tapi ada juga yang cross platform seperti uGet. Jadi buat pengguna Linux gak perlu khawatir soal ini. Nah, ane belum pernah nemu download manager buat Mac jadi kurang tahu.

Khusus buat pengguna Windows, mungkin mulai pada cari yang gratisan. Hayo lho! Ngaku aja! Wajar kalo orang Indo doyan yang gretongan. Ane juga gitu kok. Ane gak saranin pake software pake crack soalnya resiko ditanggung sendiri. Kalo ane biasanya pake Free Download Manager soalnya open source dan tentunya gretong.

hidup-downloader
beginilah kerjaan ane kalo nganggur

Kalo torrent ada banyak. Kebanyakan cross platform kok jadi gak perlu khawatir. Orang-orang biasanya pake BitTorrent ato uTorrent. Kalo ane pake Vuze gara-gara iklan gratis di Nyaa.

Nah, buat akses file pake bot DCC/XDCC kudu punya client IRC dulu. Sayangnya gak semua client IRC bisa mendukung protokol ini. Ada banyak client IRC yang bisa dipake. Mulai dari kesayangan si Ramli raja chatting, mIRC sampe pengaya IRC di peramban ChatZilla. Kalo ane pake ChatZilla soalnya gretong. *gubrak*

Tool sudah siap, saatnya unduh.

Saatnya Mencari Unduhan

Ingat, mesin pencari adalah sahabat terbaik dalam mencari unduhan. Gunakan mesin pencari dengan cerdas agar hasil yang didapat maksimal. Kali ini ane bakal bagi tips agar unduhan berhasil didapat tanpa harus mengorbankan kuota internet dan tentunya komputer.

Adblock adalah Sahabat Terbaik

Apa hubungannya unduh dengan adblock? Singkatnya dengan menggunakan adblock, kita bisa menghemat kuota. Selain itu kita bisa terhindar dari jebakan-jebakan situs yang bukannya mempermudah kita unduh file, eh malah merusak komputer ‘kan rempong cyin.

Gak tahu cara pasang adblock, silakan eksplorasi pada toko peramban kesayangan Anda :3

Hati-hati dengan Torrent

PP
kampret dah udah dijelasin soal torrent ketemu judul ginian

Judulnya kok kayak memprovokasi gak boleh pake torrent? Kata siapa gak boleh? Adanya ente korban berita hoax yang lagi heboh menjelang pilkada kali ye. Makanya jangan baca berita dari situs ecek-ecek mulu. Tabayyun aka cek dan ricek dong!

Pake torrent ada enaknya. Bisa unduh file ukuran gede gak perlu takut koneksi labil, pilihannya banyak, dan tentunya bisa ditinggal tidur *gubrak*. Sebelum menggunakan torrent, ada baiknya kita harus tahu hal-hal remeh yang biasa terlupakan para pecinta unduhan macam ane.

Ada tiga istilah penting yang kudu dikenal sebelum unduh pake torrent: seed, leech, dan ratio. Ketiganya sangat mempengaruhi sewaktu unduh pake torrent. Ane jelasin secara singkat aja deh.

Seed merujuk pada orang yang mengunggah berkas untuk dibagikan melalui torrent.

Leech itu tukang unduh macam ane ato ente. Nah, leech bisa berubah jadi seed kalo abis kelar unduh file-nya kita unggah lagi biar bisa dibagikan ke pengguna lain.

Kalo ratio gimana? Berarti ente gak lulus pas kelas Matematika *gubrak*.

Johner Bildbyra AB +46 8 644 83 30 info@johner.se sales@johner.se
sumber: GettyImages

cie yang lulus karena nyontek :p

Nah, kalo dalam torrent, ratio yang ane maksud itu share ratio. Perbandingan antara ukuran file yang diunggah sebagai seorang seeder dengan file yang diunduh sebagai leecher. Semakin mendekati 1, koneksi untuk unduh bakal lebih kenceng. Tapi kalo lebih kecil ya wassalam.

Selain itu ada pula yang harus diperhatikan, kesehatan komputer. Yup, kita gak bakal tahu sumber dari file torrent itu bersih ato gak. Bahkan beredar stigma di masyarakat kalo torrent itu sarang virus. Termasuk ane dulu pas pertama kali kenal torrent. Buat mengatasinya, pastikan antivirus diperbaharui secara berkala. Jangan lupa juga perbaharui sistem operasi dengan patch terbaru yang tentunya bikin komputer lebih aman.

Jangan Asal Klik

Mesin pencari bisa menjadi teman yang baik dalam mencari unduhan tapi … kalo penggunanya awam apalagi kelewat dodol macam ane bisa gaswat. Yup, gak semua situs itu terpercaya. Bahkan ada beberapa situs yang dianggap berbahaya oleh vendor antivirus. Nah lho. Jadi, kudu gimana dong? Sebagai pengguna komputer kita harus lebih cerdas.

Nah, kalo unduhan bertipe direct link kudu cek dulu situsnya. Utamakan unduh dari situs file sharing. Kalo udah unduh dari sana dijamin aman. Tapi gimana jadinya kalo ketemu situs file sharing tapi bukan berbahasa Inggris? Nah lho. Kudu waspada aja. Eits, gak usah khawatir. Ada trik mudahnya.

Cek dulu kedua logo ini pada situsnya. Kalo gak ada, ganti situs lain aja.

sumber: iconfinder.com
sumber: iconfinder.com

ini buat memastikan tombol unduh pada situs berbasis cloud

sumber: freeiconshop
sumber: freeiconshop

kalo ini tombol buat unduh secara umum

Ada juga kata kunci untuk menandakan tautan unduh. Ane cuman tahu bahasa Portugis, “baixar” artinya unduh. Ada juga baru ketahuan tautannya kalo disorot. Biasanya kalo situs tidak berbahasa Inggris sewaktu tautannya disorot ada petunjuk “download” dalam tautannya.

Sekian tips dan trik unduh yang ane buat. Kalo kurang bermanfaat, lebih bermanfaat didaur ulang jadi bungkus gorengan kok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s