Sisi Lain Mbah Gugel

Betenya artikel yang cape-cape udah ditulis kesunat T.T mau gak mau ane harus ulang lagi artikelnya dari awal.

Ane menemukan hal ini secara tidak sengaja ketika mampir ke salah satu situs luar. Sebenarnya ane ingin cari referensi mengenai filter bubble lebih banyak lagi untuk bahan tulisan ane. Fakta yang terbilang mencengangkan karena tanpa kita sadari, diam-diam si mbah membuntuti kita lewat buku tamu. Eh salah, mengikuti jejak kita hingga tahu persis siapa kita.

PP
seriusan?

Apapun yang kita lakukan dengan menggunakan fitur-fitur tambahan si mbah tercatat. Untung saja salah satu akun surel ane (alias e-mail, kalo dihilangin stripnya disangka dokter gigi :D) tidak mengaktifkan fitur itu. Ane tercengang ketika melihat akun surel yang sering ane pakai untuk keperluan melamar kerja, administrasi Android, forum, hosting,  dll itu mencatat semua aktivitas yang ane lakukan. Dari sanalah si mbah bisa “tahu” jika ane itu otaku, gamer, pemrogram sesat, penyuka Biologi, dan kutu buku. Meski semua yang ane tulis pada kalimat sebelumnya itu tidak semuanya benar. Apa yang selama ini mbah ketahui itu salah, hanya ane dan Tuhan saja yang tahu siapa ane sebenarnya.

Ane bakal kasih tahu langkah-langkah untuk membuktikan apa yang ane ketahui dari situs luar. Terserah ente mau mengikuti langkah-langkah ini ato gak. Ane cuman berbagi informasi yang ane ketahui buat ladang amal dan ilmu aja.

Pertama-tama, masuk ke dalam akun si mbah milik ente.

masuk mbah
ini wajib untuk masuk ke dalam akun ente

Terserah sih  mau masuk lewat mana. Kalo ane masuknya lewat Gmail. Sekalian aja ada surel terbaru dan penting dari temen ane.

sudah masuk tuh
sudah masuk tuh

Nah, ente tahu ‘kan cara untuk logout (ke luar) dari akun. Kali ini ane bakal masuk ke dalam bagian akun Google. Caranya hampir mirip untuk ke luar. Bedanya ente klik saja tautan bertuliskan “account” atau bahasa apapun yang ente gunakan.

kalo gak kelihatan klik saja
kalo gak kelihatan klik saja

 

Untuk foto-foto selanjutnya akan ane beri tanda agar mudah. Kelihatan ‘kan di sebelah mana? Nah, setelah itu ente akan dialihkan menuju sebuah tab baru yang berisi tentang pengaturan akun pribadi milik ente. Biar cepet dan alasan keamanan, gambar berikutnya akan ane tampilkan bagian “account history“. Apaan tuh *dengan gaya ala Ayah Jaja Miharja*? Account history adalah salah satu fitur si mbah yang mencatat segala aktivitas yang ente lakukan melalui fitur-fitur yang telah disediakan. Bisa dibilang seperti halnya history yang digunakan dalam peramban milik ente.

gak kelihatan klik aja, ntar muncul gambar lebih besar kok
gak kelihatan klik aja, ntar muncul gambar lebih besar kok

Sebenarnya ada banyak bagian dalam tampilan account history. Tapi ane hanya menampilkan bagian pencarian yang berada di sebelah kiri atas. Untuk mengaksesnya, klik tautan “manage history” yang berada di bawahnya. Apa yang terjadi setelah mengklik tautan itu? Ta–da! Riwayat ente mulai dari beberapa tahun lalu hingga satu menit yang lalu tercatat secara rinci sesuai fitur yang ente gunakan. Jika ente lebih banyak melakukan pencarian, coba klik bagian web yang berada di sebelah kiri.

Ente tidak sadar jika selama ini gerak-gerik ente dicatat oleh si mbah. Belum lagi kalo ente itu adalah tipe lelaki “ya gitu deh”, ketahuan deh dari hasil pencariannya berupa XXX ato ecchi. Belum lagi kalo ternyata akun pribadi si mbah ente berbagi ama akun milik pacar ente. Bisa berabe kalo dia sampai tahu dari riwayatnya. Eits, itu belum termasuk surel yang terakhir dikirimkan untuk cewek tetangga sebelah lho *ups*.

Saran ane, setelah ente mengetahui hal ini cobalah bersihkan riwayat ente secara rutin agar hal-hal buruk tidak terjadi menimpa ente ke depannya. Yakin si mbah bakal keblinger lagi? Gak bakalan deh kalo ente rajin bersihkan riwayatnya :p

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s