Peramban Tor

Kalo gak salah akhir-akhir ini ane sering peramban itu. Bagi ente yang malas baca penjelasan berbahasa Inggris di lamannya *anehnya ai sok Inggris mah tiasa*, ane bakal jelaskan secara singkat.

Tor, ente jangan kira ini nama salah satu Avenger. Ini adalah singkatan dari “the onion routing”.
Berawal dari kesasar gara-gara si bebek, ane temukan peramban ini. Iseng ane unduh dan baru tadi banget dipake. Ane kira itu peramban seperti “Rubah Api”, “Diagram Warna”, “Huruf ‘O’ Gede”, ato “Kompas Biru”. Ternyata setelah dipasang malah mejeng di desktop dan bukan program files.

perhatikan yang ane tandai
perhatikan yang ane tandai

Pas ane pertama kali pake, perambannya nanya. Ente pake proxy ato ga. Kalo pake proxy, pilih yang paling bawah jika muncul sebuah jendela baru saat dibuka. Ente tinggal masukkan alamat proxy yang biasa ente pake pada jendela tersebut. Ane udah kira-kira dua mingguan pasang peramban ini. Tapi baru sekarang aja dipake.

Pada pertama kali ane ubrak-abrik peramban ini, ane kaget. Pas ane buka task manager gara-gara “si Rubah Api” ngadat, ane kaget kenapa di bagian process ada firefox.exe dua biji? Niatnya sih mo tampilin gambar Tor sambil buka jurnal. Udah gitu tiba-tiba Firefox ane ngadat lalu tutup sendiri. Eh tahunya, beginilah kenampakan “Peramban yang Bisa Membuat Cewek Nangis Tanpa Digantungin”.

laman awal yang gak ditaruh di awal
laman awal yang gak ditaruh di awal

ini Firefox?

Pantes aja. Mo gak serasa kenal gimana, toh sama-sama pake engine Gecko. Itu tuh engine buatan Mozilla yang dipake juga ama “si Rubah Api” kok. Bedanya dimodifikasi sedikit, pakai tampilan versi lawas (kira-kira < 28 lah), dan sudah dilengkapi pengaya NoScript + HTTPS Everywhere. Tapi gak enaknya gak bisa buka jurnal karena keburu diborgol NoScript T.T, jadi ane cuman baca artikel aja.

Jika Firefox memiliki halaman awal berupa logo dan bilah pencari Google sebagai bawaan, Tor memiliki halaman depan bawaan yang ala kadarnya. Tak lupa dengan irisan bawang yang bisa membuat cewek nangis bombay dan bilah pencari StartPage. Ya kenapa ane ganti langsung tembus ke laman StartPage karena kalo melihat laman depannya bisa bikin ane nangis bombay *gubrak*.

Eh apaan tuh? StartPage? Ane tahunya FrontPage. Penasaran ya ane sambangi saja lamannya langsung.

StartPage adalah mesin pencari alternatif. Sebelum si bebek lahir, mesin pencari ini sudah ada sejak akhir 90-an (kalo gak salah 98 ato 99, ane lupa). Bisa dibilang StartPage adalah bapaknya mesin pencari yang mengutamakan privasi bagi penggunanya. Selain itu bebas dari penyaring gelembung alias filter bubble yang salah ketik di artikel ane sebelumnya. Bisa dibilang situs ini adalah saudara tiri si mbah. Bedanya dia lebih pikun jadi ia hanya ingat apa yang diminta penggunanya saat itu dan hasilnya gak keblinger.

Ane uji coba peramban ini untuk mencari C4 dan berujung artikel acak mengikuti ke mana tautan itu berakhir.

ini fiksasi karbon, bukan ngerakit bom
ini fiksasi karbon, bukan ngerakit bom

Eh tahunya nyasar ke fisi dan fusi nuklir. Kalo orang lain pikirnya pasti berujung dengan “nuklir”, “reaksi nuklir”, dan “bom atom”. Kalo ane malah yang kepikiran Utsuho Reiuji (kalo gak percaya lihat saja kata yang ane ketik di bilah pencarian). Sekalian aja tes seberapa cepat StartPage pada peramban Tor.

hasil pencarian StartPage dengan kata kunci "utsuho reiuji"
hasil pencarian StartPage dengan kata kunci “utsuho reiuji”

Hasilnya lumayan bagi saudara tirinya si mbah. Plus privasinya lebih terjaga dan sudah memiliki banyak penghargaan. Gak heran kenapa ane sering bilang, kalo ingin privasi lebih gunakan saja peramban Tor. Hasilnya tidak mengecewakan. Tapi gak enaknya agak sulit masuk situs jejaring sosial dan buka jurnal pelarian ane aja gak bisa. Selain itu tidak bisa langsung dipakai begitu saja. Setelah dipasang, bakal muncul jendela baru untuk pengaturan proxy dll. Selain itu musti menunggu kira-kira satu menit (tergantung kecepatan koneksi internet yang ente pakai sih) untuk menghubungi “ane gak tahu istilahnya apa” sebelum menggunakan peramban ini.

Ingin privasi lebih, cobalah sesekali menggunakan peramban ini untuk berselancar di dunia maya. Selamat berselancar ^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s