Peramban Bebas Lacak

Apaan tuh? Ane gak yakin ente lulus UN Bahasa Indonesia nilai bagus dengan keringat ente sendiri (baca : mencontek kunci jawaban ato punya orang). Peramban itu web browser dalam bahasa Indonesia. Camkan itu baik-baik :p

Masih nyambung dengan artikel ane sebelumnya mengenai bubble filter, salah satu faktornya adalah peramban yang ente pakai setiap ente berselancar di dunia maya. Peramban apapun yang ente pakai suka-suka ente, toh setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Kali ini ane bakal kasih trik menyiasati “si filter yang lebih banyak resenya” itu dengan mengubah peraturan yang digunakan pada peramban. Ane bakal beri penjelasan pada peramban Firefox cara mengatasinya. Untuk sementara ane hanya tambahkan itu karena masalah koneksi internet dan sibuk ospek masbro! Setelah melakukan pengaturan tambahan pada peramban ente, coba deh mampir ke sini.

Tautannya bukan jebakan kok. Ini adalah tautan menuju sebuah situs yang akan memberitahu seunik apa peramban ente. Semakin unik pengaturannya maka semakin sulit ente dilacak baik itu oleh mesin pencari, iklan-iklan rese, adware, maupun NSA. Ini ada sedikit gambaran TKP-nya jika ente gak yakin

ini tampilan depan situsnya
ini tampilan depan situsnya

tekan tombol berwarna merah untuk menguji seberapa unik peramban ente

Firefox

Alias “si Rubah Api”, peramban yang memiliki visi membawa siapapun pada dunia maya dengan bebas. Salah satu peramban yang banyak digunakan orang karena sifatnya yang bandel dan memiliki banyak add-ons di dalamnya. Berikut ini adalah teknik mengatasi pelacakan pada peramban yang ente gunakan.

Tanpa Adblock

Bagian ini ane khususkan bagi pengguna Firefox yang gak pake add-ons adblock. Pada contoh yang ane tampilkan, ane menggunakan Firefox versi 31. Mungkin cara-cara yang ane gunakan akan berbeda pada versi peramban yang ente gunakan. Intinya tetap sama, masuk ke dalam mode pengaturan Firefox.

Pada versi Firefox yang ane gunakan, sekilas tampilannya mirip ama Chrome. Bahkan ane sempat terkecoh ketika pertama kali menggunakannya. Untuk mengakses menu pengaturan, pilih tombol yang berada di pojok kanan atas peramban ente. Bentuknya mirip dengan “tiga garis gitu deh”.

untuk firefox terbaru, menunya di sebelah sini
menunya di sebelah sini

sekilas mirip Chrome ya?

Menu pengaturan berada di bagian bawah, tepatnya yang bergambar gerigi. Pilih tombol itu lalu ente bakal disuguhi jendela baru berisi pengaturan Firefox ente. Baik secara umum maupun secara spesifik tergantung pengalaman ente selama menggunakannya.

secuil tampilan jendela pengaturan
secuil tampilan jendela pengaturan

langsung saja ke bagian privasi, ikuti pengaturan yang ane contohkan

Jika ente berhasil, tampilan bilah alamat pada peramban ente akan muncul tanda seperti ini. Sebenarnya ane memakai gambar dari laman ini saat ane sedang menulis artikel.

jika ente sorot tanda itu, ada keterangannya
jika ente sorot tanda itu, ada keterangannya

tandanya ini sudah berhasil

Jangan lupa pada bagian security, atur keamanan peramban ente dengan memberi centang tiga pilihan teratas. Sebenarnya ane sudah melakukan hal itu tapi ane lupa untuk menampilkan caranya dari situs luar sih *gubrak*

kalo gak jelas, perbesar aja
kalo gak jelas, perbesar aja

ralat : ane lupa pasang gambar ini, untung diingetin ama situs luar

Dengan Adblock

Seperti judulnya, ini khusus pengguna adblock. Intinya pengaturan yang dipakai sama seperti pengguna tanpa adblock. Bedanya setelah itu kita akan lakukan pengaturan tambahan pada adblock. Berikut ini adalah langkah-langkah yang musti ente lakukan. Terdapat beragam macam add-ons adblock yang ada pada Firefox, namun yang paling banyak digunakan adalah Adblock Plus seperti yang akan ane tampilkan pada gambar.

Pertama, ente harus masuk ke menu adblock. Caranya adalah menekan tombol adblock yang berwarna merah di pojok kanan atas peramban ente. Jika pada versi Firefox lawas (< 28), menu adblock berada di pojok kiri bawah peramban. Berbeda versi peramban tapi tampilan menu tidak berubah. Jadi, bagi ente pengguna versi lawas gak perlu khawatir.

masuk ke menu adblock
masuk ke menu adblock

sekali klik langsung muncul

Setelah itu pilih menu “filter preferences” nanti muncul kotak dialog seperti ini.

tampilan laman pengaturan adblock
tampilan laman pengaturan adblock

kalo masih kurang jelas klik saja gambarnya

Nah, tambahkan daftar antilacak pada adblock milik ente. Kalo gak ngerti bahasa Inggris, pilih “EasyPrivacy” Tenang saja, sebenarnya itu sudah termasuk dalam pilihan daftar dan tinggal pasang saja. Tunggu sebentar dan ente dapat berselancar dengan tenang tanpa takut dilacak oleh iklan-iklan rese atau filter bubble (filter gelembung) yang nyebelin itu.

Baik pengguna adblock maupun bukan, ente bisa sesuaikan pengaturan ente agar lebih aman. Ada beberapa tambahan add-ons (pengaya) yang bisa ente tambahkan untuk melindungi peramban dan data-data pribadi ente. Mo dipasang ato gak sih itu terserah. Ane cuman kenalin beberapa aja soalnya kalo ditulis semua kayaknya jumlah string dan char di tulisan ini kebanyakan hingga bikin “kata ditekan” mabok.

HTTPS Everywhere

Apa sih HTTPS? Kalo ente masih gak ngerti coba deh mampir ke sini. Singkatnya, jika ente terhubung dengan koneksi HTTPS ente bakal lebih nyaman dalam berselancar di dunia maya. Berbeda dengan protokol HTTP biasa, protokol ini dienkripsi agar lebih aman. Biasanya dipakai dalam situs yang memuat data-data pribadi seperti situs bank dan jejaring sosial.

Pengaya ini dibuat oleh EFF, sebuah organisasiyang peduli ama privasi orang banyak. Ente bisa mengunduh pengaya tersebut di sini atau mencari langsung di bilah pencari pengaya bawaan Firefox.

NoScript

Bisa dibilang ini adalah pengaya yang saklek. Semua skrip sengaja dipasung *emangnya artis sono tuh yang ribut ama ibunya* agar gak bisa jalan. Biasanya sih yang jadi korban itu JavaScript dan turunannya.

Apaan tuh JavaScript? Iki piye to? Jika di benak ente tersirat bahasa Jawa atau Java, semuanya gak ada hubungannya. Beda jauh JavaScript ama Java, apalagi ama bahasa Jawa. JavaScript itu biasanya dipakai untuk tampilan web. Kadang dipake yang bener, kadang juga dipake yang gak bener. Seperti halnya yang dilakukan oleh iklan-iklan rese atau tampilan super 4l4y merusak mata ala blogger 4l4y Indonesia.

Pengaya ini memang difungsikan untuk memblokir semua skrip yang ingin berkenalan *bahasanya acie-cie* dengan peramban ente. Ente bisa mencarinya di bilah pencari pengaya bawaan Firefox.

Chrome

Adeuh, ini lagi. Jujur aja ane sekarang bingung yang mana Firefox dan Chrome karena tampilannya hampir mirip (^^’)

Chrome memang terkenal ringan dan cepat. Koneksi secacat apapun masih bisa dibuka ketika dibuka di Chrome. Gak siput-siput amat lah kalo buka peramban sambil pakai “modem antilelet” milik ane. Gak harus jebol sana-sini biar dapat koneksi cepat :3 Peramban ini cocok untuk orang yang gak sabaran seperti ane.

Nah, ane juga baru tahu toh Chrome ada pengaya adblock juga. Cara mencari pengaya di Chrome, mampir aja ke Chrome Store *dulu namanya ini, tar deh ane cek TKP lagi*. Kalo cara-cara versi adblock hampir mirip dengan Firefox. Cuman beda tampilan tapi intinya langkah-langkah yang dipakai sama. Ane loncat aja deh versi tanpa adblock aja deh.

Pertama, ente masuk dulu ke bagian “tiga garis apapun itu” di pojok kanan atas. Itulah kenapa ane sempat bilang “tampilan Firefox yang baru mirip ama Chrome”. Nah, coba ente masuk ke bagian “help” atau kata lain sesuai bahasa yang ente pakai. (emang ada orang pake Chrome dengan bahasa Jawa ato Sunda ya?)

lapak ane titip dulu, koneksi sekarat untuk unggah ini itu.

Segitu saja ilmu yang bisa ane bagikan pada ente. Jika ane sudah gak terlalu sibuk, nanti ane perbarui lagi artikel ini. Selamat berselancar ria!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s