Pemburu Kuliner : Basreng

Kaki keseleo gini apes dah. Jangankan jalan kaki ke kampus, jalan buat beli makan di warteg sebelah kost aja sakit bener. Buka laptop pun bosen. Ya sudahlah mending ane nulis dari robot ijo ane.

Ide nulis ini kepikiran dari obrolan ama tetangga kost ane, Fitria. Dia bilang ada tukang basreng deket sini yang enak. Ane ragu gara-gara diceritain ama kakak ane soal pabrik basreng. Takutnya basreng jelek eh taunya dapet yang bagus. Ya udah ane kepikiran buat nulis tempat rekomendasi makan basreng enak versi ane di Bandung.

Eh basreng apaan sih? Kita kan bukan orang Bandung! Basreng itu jajanan yang terbuat dari baso ikan tuna yang digoreng. Biasanya disajikan dengan bumbu tabur lalu dikocok biar rata. Kalo mo nyari jajanan ini, harus rajin main ke gang di Bandung ato cari di dekat sekolah.

Terselubung di jajaran parfum

Ane dikasih tahu ama Teh Siti tempat basreng ini. Lokasinya berada di jalan Banteng yang deket jajaran toko parfum. Gangnya sebelah kiri ruko Parfumart kalo masuk dari jalan Banteng. Jalan sedikit sekitar 10 meter, ada sebuah rumah yang jual basreng di sana. Penjualnya ibu-ibu yang masih agak muda. Kalo ane biasa beli campur tahu krispi ama pangsit waktu masih kerja dulu.

Harganya yang murah dengan kualitas basreng yang baik emang sulit sih nyari di tengah kota mah. Waktu itu pas ngobrol ama ibu yang jualan basreng itu kalo belanja pasti ke Pasar Kosambi biar dapet bahan yang bagus. Waktu masih kerja beli lima ribu aja dapet sebungkus penuh. Sekarang harganya berapa ya? Udah lama gak ke sana.

Basreng si Ucrit

Gak ke Margahayu namanya kalo gak ngicip Udin Ramen! Itu kata plang yang ada di deket rumah ane. Sejak Udin Ramen pindah ke MTC bisa ane ganti deh jargon itu.

Gak ke Margahayu namanya kalo gak ngicip basreng si Ucrit!

Dulunya penjual basreng ini mangkal di Indomaret depan terminal Margahayu. Tapi gak tahu kenapa jadi pindah ke rumah pemilik gerai ini. Kalo di sini paling murah beli basreng 3000. Tapi harus tau jam. Kalo ente salah waktu, resiko ngantri ama anak-anak SMA. Gerai ini emang sederhana dan sering dijadiin tempat nongkrong. Buka ampe malem dan banyak pilihan rasa. Kalo ane biasa beli rasa ayam lada hitam pedesnya dikit.

Murah meriah dan banyak pilihan. Ane bingung tempat ini lokasinya bukan di jalan gede dan emang deket dari rumah ane, tapi sering rame. Taunya tempat ini dikenal dari mulut ke mulut. Padahal buat orang yang gak tahu jalan di Margahayu, belokannya cukup banyak buat sampe ke sana. Untung aja jalan dari rumah ane tinggal lurus terus belok kanan. Lokasi gerai ini gak jauh kok dari masjid Al Ikhwan. Kalo gak tahu di mana masjidnya ya bisa nanya ama tukang becak yang mangkal di sana.

Tukang basreng di garasi

Ini dia tukang basreng yang temen ane ceritain. Lokasinya emang di Ciwaruga dan emang dagang di garasi rumahnya. Soal pilihan rasa gak sebanyak dua tempat basreng sebelumnya. Tapi rasanya lumayan. Ane biasa beli basreng campur tahu krispi.

Basreng yang dijual di sini beda kualitasnya dari tukang basreng lain di Ciwaruga. Kalo tukang jajan pastilah bisa bedain kualitasnya gimana. Gak heran banyak anak kost yang sering ke sini, termasuk ane. Kalo dua tempat tadi bisa dibilang lokasinya terpencil, tukang basreng ini emang ada di pinggir jalan. Dilewati angkot tiap hari pula. Kalo ke Ciwaruga sesekali mampir deh. Tempatnta di seberang tempat kost Pondok Haturan.

Segitu deh catatan ane soal tukang basreng. Bisa nambah lagi kalo ane ketemu tempat baru. Bon appetite!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s