Mbah Sudah Terlalu Pasaran

Kenapa pasaran? Karena mainstream sudah terlalu mainstream, jadi ane ganti dengan pasaran aja.

Biasanya kalo orang galau, entah mo nyari puisi kek, menguntit kecengan kek (pengalaman ane pribadi sih), atau cari landasan teori status galau di jejaring sosial pasti tanya si mbah. Kasihan mbah sudah sepuh terus banyak pelanggannya. Berhubung ane kasihan ama si mbah, ane beralih menggunakan bebek. Bukan potong bebek angsa di kuali ya.

Bebek? Hewan unggas yang demen mengekor ke manapun ia pergi? Makanan khas negeri Tirai Bambu dengan kulit renyahnya? Ato mainan berdecit yang biasa dipakai anak kecil mandi? Maksud ane si bebek, mesin pencari alternatif jika ente frustasi dengan hasil pencarian si mbah yang kadang keblinger karena sudah uzur.

bebek-pencari-tahu
sumber : situsnya lah

Ta–daa! Perkenalkan, aku bebek!

Sebenarnya sih ada banyak mesin pencari (search engine) yang tersedia di dunia maya, salah satunya si mbah. Sudah banyak orang tahu mbah kita tercinta adalah mesin pencari sakti mandraguna yang jauh lebih kepo dari mbah dukun sendiri. Ane menemukan situs ini secara tidak sengaja. Bermula dari mencari tahu masalah apa yang terjadi pada komputer ane lalu terdampar pada sebuah forum komputer luar. Ada salah satu pengguna yang menyebutkan situs ini. Berawal dari rasa ingin tahu, ane iseng menjelajahi situs ini. Bahkan ane menjadi salah satu pengguna setianya hingga sekarang.

Apa sih kelebihan si bebek?

  • Bebek tidak pasaran di negeri ane berpijak. Ane memang tidak menyukai hal-hal yang pasaran.
  • Pernah dengar jevuska trap yang heboh beberapa tahun lalu? Itu tuh yang pernah mengacaukan hasil pencarian karena auto generated content. Kalo di bebek, hanya informasi penting saja yang ditampilkan. Kalo jebakan-jebakan macam jevuska trap mah udah dibuang jauh.
  • Perintah sakti mandraguna. Bisa memanggil kawan-kawannya termasuk si mbah untuk membantu pencarian. Semua perintah diawali dengan “!” dan mencakup banyak hal, mulai dari belanja daring, mencari sumber informasi, cari torrent terbaru, hingga main ke laman fansub internasional kesayangan ente kalo ente demen anime. Jujur aja, setiap buka bebek perintah sakti yang sering ane gunain itu “!touhou”.
ini contoh
sumber : coalgirls, ane lupa alamatnya apa *gubrak*

ini contoh yang ane lakukan, mampir ke fansub coalgirls dengan perintah !coalgirls

  • Lebih menjaga privasi ente. Toh setiap ente melakukan pencarian, ente bakal diarahkan ke protokol https yang lebih aman. Singkatnya sih seperti itu, informasi lebih lanjut bisa main ke laman ini. Kalo pengen privasi ente lebih terjaga, ane sarankan jika sedang berselancar menggunakan peramban Tor.
  • Ngerjain soal Matematika? Ciyus? Kemaren ane iseng mencari artikel ane yang membahas soal salah satu kebiasaan buruk angkot Margahayu. Nah, pas ane coba cari dengan bantuan bebek, hasilnya seperti ini.
7-5-7-5
eh, kok jadi ngerjain soal Matematika? O.O

terus tadi ane iseng coba lagi dengan mencari nilai sin 45

mencari-nilai-sinus-45-derajat
subhanallah
  • Psst, Bapak Menkominfo yang terhormat, Bapak gak usah khawatir soal pencarian soal “17++”. Di sana memang melakukan sensor terhadap pencarian dengan kata kunci berkategori dewasa. Malah si bebek nanya apakah mo disensor ato gak. Contohnya, ane nyari soal lagu I’m Sexy and I Know It-nya LMFAO.
ane iseng doang kok
ane iseng doang kok

biasanya kalo cari lagu, pasti diarahin ke video, lirik, ato tautan unduhnya, pencarian teratas ga ada yang nyambung ama itu

Untuk contoh halaman pencarian di atas, ane sengaja potong screenshot-nya biar irit bandwidth. Maklum pengangguran yang baru ke luar kerja dan kembali bergantung pada uang ortu yang dibatasi, jadi gak bisa seenak jidat beli kuota modem gede.

Selama beberapa bulan ane cobain si bebek, memang fasilitasnya gak sekomplit si mbah. Malah kalo pencarian artikel berbahasa Indonesia belum seakurat pencarian artikel berbahasa Inggris. Seperti halnya contoh mencari artikel ane sendiri yang berujung dengan operasi pengurangan. Tapi untuk otaku, fitur-fiturnya terbilang berguna. Kurangnya gak ada perintah khusus buat mampir ke Commie, fansub langganan ane (ane belum cek lagi apa ada ato gak). Si bebek juga sedang dalam proses pengembangan. Malah si bebek membutuhkan tenaga ahli dan relawan untuk mengembangkan situsnya.

Nah, demikian tinjauan singkat ane selama menggunakan si bebek. Terserah ente mau menggunakan mesin pencari yang mana itu hak ente. Semoga bermanfaat, minimal jadi bungkus gorengan *gubrak*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s