Kenali Juga Ceweknya

Kemaren ane bahas soal cowok. Rasanya gak etis kalo gak bahas soal cewek juga. Sudah ane jelasin sebelumnya kalo ane emang gak nyambung kalo ngobrol ama cewek. Temanya apa dulu, kalo soal oppa Lee Min Ho mah teu nanaon *gubrak*

Semenjak SMK, ane mulai punya banyak temen cewek. Ya maklum lah, SMK jurusan teknik ceweknya cuman bisa diitung jari. Beda dengan SMA yang cenderung harem. Mau gak mau maksa ane untuk bergaul dengan mereka biar gak terlalu jadi “hermafrodit” (perasaan hermafrodit itu *piip* ganda deh -.-) ato “cewek ngepet”.

ah, butadon
in memoriam Butadon

emang ini aja yang bisa ngepet :p

Semenjak gaul dengan mereka, ternyata tipe-tipenya jauh lebih banyak dari tipe cowok yang ane ketahui selama ini. Gak usah banyak protip, mari tancap gas!

Tipe Mainstream

Seperti biasa, ane awali dengan tipe mainstream. Lho, kenapa musti yang mainstream? Karena tipe ini sangat mudah ditemukan di mana saja. Orang awam yang gak tahu arti mainstream pun bisa tahu dengan deskripsi yang ane jelaskan.

Intinya, cewek cakep udah gitu nyaris sempurna deh. Cantik ya, tajir ya, manis ya, anggun ya, pokoknya bikin semua cewek lain iri deh. Incaran cowok nomor satu. Biasanya tipe cewek ini adalah tipe cewek eksis. Sangat mudah ditemui karena terkenal. Biasanya kalo ente cewek biasa terus temenan deket ama mereka pasti dikelilingin ama cowok. Ya iyalah, toh mereka pengen deketin temenmu itu.

Tipe Agamis

Identik dengan alim. Iya. Tapi kalo cewek muslim, biasanya cewek agamis itu identik dengan malu-malu dan kadang dikatai ketinggalan zaman oleh teman-temannya. Memang menjadi seorang cewek agamis khususnya seorang muslimah di era ini memang sulit.

koleksi pribadi
sumber : koleksi pribadi

liatin cewek agamis adem bener…..

Tipe agamis cewek sangat terlihat jelas, beda dengan cowok. Misalnya liatin aja biarawati ato cewek muslimah. Mereka menunjukkan identitas keagamaannya lebih jelas dibandingkan cowok. Naklukkin tipe cewek ini terbilang sulit. Tapi kalo beruntung, siap-siap nikmat dunia akhirat. Biasanya cewek agamis identik dengan cerdas dan keibuan. Juga jauh lebih feminim dibandingkan tipe cewek lain. Malah orangnya gak neko-neko, jadi berbahagialah para kaum Adam.

Bicara soal agamis, temen ane kebanyakan tipe cewek agamis. Lebih tepatnya sih banyak anak rohis. Kalo ente mikir mereka kolot, kudet, kaku, culun, dan identik dengan fanatik, cobain deh sesekali terjun ke lingkungan mereka. Mungkin ente bakalan ngomong gitu karena ente gak tahu siapa mereka atau terhasut dari pemberitaan di media selama ini. Mata emang bisa menipu. Tapi kalo ente deket ama mereka, jangan heran kalo tahu ada tipe cewek ini yang merangkap otaku, anak eksis, feminis, ampe tipe pendakwah sejati pun ada. Maaf ya kalo mulai dari kalimat ini ane lihat dari sudut pandang cowok, cewek agamis itu dijamin “masih disegel”. Maksud ane udah perawan, suci baik pikiran maupun perbuatan pula. Makanya kenapa ane bilang di alinea sebelumnya seperti itu soalnya bagi ente para kaum Adam, dijamin puas dunia akhirat.

Tipe Rempong

Kalo kemaren ane bahas cowok ngondek, sekarang soal cewek rempong. Beda tipis lah ama tipe ngondek. Gak lengkap rasanya kalo cewek gak dandan. Pengecualian buat ane yang males dandan. Apa hubungannya rempong ama dandan? Liat aja alinea berikutnya :p

Rempong, sebenarnya sih bahasa lebainya repot. Singkatnya dikit-dikit bedakan, catokan, bawa rol rambut, udah gitu gak ada guru ato dosen kembali ke kamar mandi untuk berdandan ato ganti “roti Jepang”, dan kok jadi protip? Tasnya gak jauh dari parfum, peralatan dandan, kaca, gadget (pastinya), power bank ato charger, cat kuku plus aseton, rol rambut, pengeriting rambut, pengering rambut, dan busyet ini mo dagang ato apa? Hobinya nongkrong di kamar mandi kalo buat anak sekolahan. Yaiyalah, kalo pake catokan dikelas keburu disita guru BK :p

Repotnya lagi mereka kalo lagi arisan. Beuh, berisiknya minta ampun. Persis kayak lagi di pasar teriak-teriak ke pedagang gara-gara salah ambil pesanan. Kalo cowok berisik paling kalo nonton film ecchi, main game kayak DotA ato PES, ampe nonton bola rame-rame. Kalo cewek sedang arisan … gak bisa bayangin dah. Toh cewek-cewek yang sekelas ama ane pada doyan arisan dan sekali ngocok ributnya lebih kenceng daripada liatin cowok nonton bola. Biasanya cewek rempong itu ribet ama penampilan. Kuku patah dikit aja ngamuknya udah lebih parah dari gajah ngamuk.

Buat cowok yang incer tipe cewek ini, sabar aja ya.

Tipe Matre

Busyet, kenapa ane nulis tipenya lebih banyak? Karena cewek lebih banyak karakternya. Gak semua tipe kepribadian cewek itu ada juga di cowok.

Matre, singkatnya habis manis sepah dibuang ato bayangkan saja seekor Hirudo medicinalis sedang ciumin kaki ente. Udah tahu nempel terus kayak perangko. Kok jadi slogan iklan zaman dahulu kala deh.

sumber : aquaportail.com
sumber : aquaportail.com

sampurasun, nami abi lentah atawa “lintah” dina basa Indonésia

Seperti asal katanya, matre berasal dari kata materialistis. Kenapa ane bilang seperti itu? Toh kata lagu dangdut aja, “Ada uang abang sayang, gak ada uang abang ditendang.” Cewek matre adalah musuh bebuyutan cowok. Cowok itu paling gak suka dengan cewek yang hidupnya boros dan morotin duit orang mulu kayak lintah. Bayangin aja kalo ente seorang mahasiswa dari daerah udah jadi buronan ibu kos terus punya cewek matre pula. Adanya ente keburu stres duluan.

ah, my eyes
sumber : automotivegallery.org

karena ini lebih greget dari cinta, Ninja Pink!

Kenapa sih bisa muncul cewek matre? Salah satunya tuntutan gaya hidup. Tau lah gimana gaya hidup anak muda zaman sekarang, beud edan tenan. Hedonis masbro. Udah gitu mereka maksain buat menuhin gaya hidup tersier itu padahal udah tahu doku lagi sekarat. Salah satu cara “instan” untuk memenuhi hal itu ya jadi matre. Buat cowok, sabar aja. Kalo bisa bantu ubah pola pikir ama gaya hidupnya yang gak sehat itu. Kasihan ama mereka, masih gadis aja udah matre apalagi kalo dijadiin istri coba. Bisa-bisa jadi episode terbaru Hidayah tuh.

Tipe Fujoshi

Apaan itu? Merk laptop ya? *gubrak*

Fujoshi itu sebenarnya masih “cabang” dari otaku tapi bermakna peyoratif buat cewek. Bedanya apa sih ama otaku cewek biasa? Fujoshi itu otaku cewek yang demen hal-hal “gak wajar dilihat cewek pada umumnya”. Maksudnya mereka demen nonton “segala sesuatu berbau maho” ato BL (boys love, lebih dikenal di komunitas otaku sebagai yaoi). Buset, demen amet mereka ama yang kayak begituan.

the_fujoshi_-_admit_it_shes_perfect_for_you
sumber : Google

merk laptop toh….

Fujoshi emang agak sulit dibedakan dari otaku cewek pada umumnya. Tapi … otaknya bisa dibilang omes gak wajar. Misalnya liatin RPatz jadi Edward Cullen biasa aja, beda dari cewek kebanyakan. Tapi kalo lihat fanfic Edward Cullen ama Jacob Black lagi “ehm” baru otaknya nyambung. Kok ngomong otaku jadi nyasar ke Twilight? Biar pembaca non otaku ngerti kasarnya gimana.

Deketin fujoshi sama aja kayak deketin cewek otaku biasa. Cuman ya … agak begitu lah, kotor sedikit. Soalnya temen ane ada juga yang fujoshi. Malah dia ngaku terang-terangan pula. Kalo menurut ane, kebanyakan cowok kalo incer cewek fujoshi udah keburu ill feel duluan gara-gara tahu kebiasaannya. Tapi lebih bagus kalo misalnya dia dapet cowok terus langsung diajakin merit. Soalnya kenapa, toh si cowok itu bisa bantu menyembuhkan sifat anehnya itu. Gak bagus juga sih kalo misalnya ente nikahin cewek fujoshi yang belum tobat. Gak kebayang anaknya ntar kayak gimana.

Tipe Gamer

Tipe gamer jarang banget ditemui pada cewek. Kalo ada gak separah cowok sih. Cewek paling main “masak-masakan”, “joget-jogetan”, ampe FPS pun dijabanin.
Toh ESWC ato WCG aja ada turnamen khusus cewek kok.

touhou7_PCB_main_menu
sumber : koleksi pribadi

perasaan seumur-umur belum pernah liat cewek main ini ato seri yang lain….

Gamer cewek identik dengan wajah bening. Ya iyalah, kebanyakan gamer cewek di sini keturunan Tionghoa yang bening-bening. Sekali main game online, udahlah doku bisa keluar berjuta-juta. Buset berjuta-juta. Kalo ane lebih suka duit jutaan itu dijadiin modal usaha dibandingkan modal game online. Toh kalo chara dijual lagi harganya gak seberapa. Itulah gamer cewek. Sayangnya, biasanya yang bening udah ada yang punya. Malah ada yang cowoknya gamer juga. Beberapa malah berakhir dengan pernikahan seperti Teh Putri, temen satu warnet ane.

Berhati-hatilah kalo ente gaet cewek di game online buat diseriusin cari pacar ato jodoh beneran. Kalo bicarain soal hode, udah ane sentil di artikel lain. Sudah ane bilang di alinea sebelumnya jika cewek sekali main game khususnya game online itu bisa ngeluarin doku hingga jutaan. Tahu sendiri lah jika ente sesama gamer, terlebih kalo ente main game free-to-play yang musti beli kode kalo mo sekedar ganti avatar-nya doang. Banyak kasus cewek cakep di game tapi pas udah diajakin kopi darat eh taunya kayak Elly Sugigi. Mending lah kalo pas kopi darat kayak Jill Gladys ato Angelina Jolie mah. Bagaikan ketemu bidadari jatuh dari surga di hadapan ente #eeeaaa. Rejeki nomplok, Masbro!

Kalo ente bener-bener tertarik ama cewek gamer, ane saranin mending kecengin cewek yang ente temui di warnet, rental PS (paling ceweknya jadi operator di sana), ato pas turnamen. Kalo ente sering lihat pasti tahu lah adatnya gimana. Ada yang sering ngomong kasar, berpakaian ala cabe-cabean, ngudud, ampe sekalinya kalah main kayak bocah. Tapi ada juga cewek gamer pas udah PDKT ternyata dia cewek baik-baik, eksis di lingkungannya, ramah, dan keibuan. Intinya kalo mo deketin cewek gamer musti ajakin dia ngobrol biar tahu sifat aslinya gimana. Tenang aja, cewek gamer gak seekstrim cowok gamer kok. Mereka masih bisa nyambung kalo diajak ngobrol ama ente gak terlalu dicuekin kalo main game.

Tipe “Eksis”

Kenapa ane pake tanda kutip, soalnya penggambarannya beda. Kalo ane tulis eksis biasa, itu masih nyambung ama tipe mainstream. Ane mo nulis tipe ini lebih spesifik lagi. Khususnya eksis di dunia maya.

Sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat Indonesia, gak memperbaharui status di dunia maya gak afdol. Emang kayak gak afdol kalo gak wudhu tiap mo baca Qur’an apa? Toh sederhananya diibaratkan seperti itu. Mereka jauh lebih sering memperbaharui status di jejaring sosial dibandingkan berusaha eksis di dunia nyata.

Bedanya apa sih eksis di dunia nyata dan dunia maya? Lha wong udah jelas dunianya beda. Satu di dunia nyata dan satu lagi di dunia yang katanya sih alam imajinasinya Maya *gubrak*. Eksis di dunia nyata contoh sederhananya seperti anak OSIS di sekolah. Mereka kelihatan dan ada perannya di masyarakat. Kalo eksis di dunia maya mereka emang terkenal di dunia maya tapi belum tentu mereka terlihat seperti itu di dunia nyata. Bisa aja mereka hikikomori seperti ane, kutu buku pemalu yang setiap bicara di depan umum rasanya kayak mo dikeroyok satu kampung, ato orang dengan tampang seperti Ade Juwita yang emang ahli dandan hingga seperti Syahrini.

Tipe cewek eksis seperti ini memang banyak menyimpan teka-teki. Jika ente tertarik, silakan saja ajak kopi darat. Hanya saja resiko ditanggung sendiri seperti halnya kopi darat ama cewek dari game online.

Segini saja penjelasan ane soal tipe-tipe cewek yang ane ketahui selama bergaul dengan mereka. Kalo ada pembaruan, toh ane bakal tulis lagi. Termasuk soal tipe cabe-cabean yang sedang diperbincangkan orang dan sedang ane selidiki. Seperti biasa, kalo bermanfaat syukur alhamdulillah tapi kalo gak bermanfaat minimal kepake jadi bungkus gorengan. Hatur nuhun tos maos artikel nu abi serat ^^ (hampura nya bilih basa Sunda abi mah belepotan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s