Kangen Game Windows Jadul? Gini Triknya

Kali ini mo nulis apa ya? Nulis ini aja deh. Sesuai dengan judul, ane mo bagi tips dan trik biar bisa main game Windows jadul. Ngapain juga main game Windows jadul? Gak ada kerjaan aja. Emang gak boleh anak era 90-an nostalgia? =.=”

Sebelum mulai protip-nya, informasi yang ane berikan diambil dari beberapa sumber di si mbah dan berdasarkan pengalaman pribadi.

Sistem operasi yang ane gunakan dual boot yakni Windows 8.1 64 bit dan Ubuntu 14. Berhubung ane lagi bicarain tutorial ambil game Windows, screenshot yang ane gunakan pake Windows 8.1.

Maaf kalo kurang screenshot pas ngasih tutorial lewat mentahan Windows XP. Soalnya mentahan XP ane mendadak hilang jadi susah ngasih contohnya *gubrak*. Paling kalo ketemu lagi ditambahin screenshot-nya.

Di rumah ane ada 2 PC dan 2 laptop dengan sistem operasi yang berbeda. Satu PC udah rusak tapi kondisi harddisk alhamdulillah masih selamat, pake sistem operasi Windows XP. Pas liatin PC lawas ane jadi kepikiran ide buat selamatin data yang ada di PC itu. Mulai dari koleksi mp3 Barat yang lagunya jauh lebih enak dari era EDM sekarang ampe game lawasnya. Sempet sih kepikiran ide mainin game lawas di laptop ane.

Kayaknya kocak juga main FreeCell jadul di lappie.

Hasilnya …

porting-game-xp-ke-windows-terbaru
yang salah cuman game-nya

kalo nyadar, itu FreeCell versi XP

Ada dua cara untuk ambil file game dari Windows XP.

Pertama, ambil langsung file-nya. Gunakan PC lawas/virtual machine untuk mengaksesnya.

Kedua, ekstrak langsung dari mentahan/instalasi Windows XP. Cara yang kedua tidak berlaku untuk mencari Pinball soalnya masih belum ketemu lokasi file mentahnya.

Ada enam game bawaan Windows XP.

  • Solitaire (alias Klondike kalo di sistem operasi lain/game kartu all-in-one seperti versi GameHouse),
  • FreeCell,
  • Hearts (semacam main cangkulan gitu deh),
  • Minesweeper (game menjinakkan bom yang bikin geregetan),
  • Spider Solitaire, dan
  • Pinball.

Ini hasil ekstraksi semua game tersebut di laptop ane.

isi game hasil
isi game hasil “malak” dari Windows XP

Nah, ada tambahan lagi. Kalo mo ekstrak game selain Pinball, jangan lupa sertain cards.dll juga. Soalnya file itu penting buat jalanin game-nya.

Sebelumnya, buat satu folder khusus untuk menaruh game XP. Bebas mau ditaruh di mana saja.

Cara pertama:

Cari semua file ini di folder :\Windows\system32

cards.dll sol.exe freecell.exe winmine.exe spider.exe mshearts.exe

Khusus untuk cari Pinball, folder-nya ada di :\Program Files\Windows NT\Pinball

Copy semua file yang dibutuhkan ke folder baru tempat ente bakal simpen game-nya.

Cara kedua:

Siapkan instalasi Windows XP. Mo pake file ISO/dari CD sama aja. Buka instalasi Windows XP terus buka ini pake Explorer. Kalo gak tahu caranya sungguh terlalu.

capek deh
capek deh

menguntit akun mantan aja bisa kok ini gak

Kita cari semua file ini di folder i386

CARDS.DL_ FREECELL.EX_ MSHEARTS.EX_ SOL.EX_ SPIDER.EX_ WINMINE.EX_

Apa yang akan dilakukan dengan semua file tersebut? Summon, cmd! Kalo gak tahu cara panggil cmd alias Command Prompt, cari aja di bilah pencarian Start Menu :3

Nah, kita ekstrak satu-satu semua file-nya. Emang kulit manggis doang yang ada ekstraknya? Ane bakal ngasih contoh cara ekstraknya. Cara ekstraknya sama kok jadi gak perlu khawatir.

cd lokasi_ente_naruh_folder_buat_game
expand CARDS.DL_ cards.dll

Nah, ane kasih penjelasan singkat mengenai sintak expand yang satu ini.

expand file_asal file_tujuan

file_asal maksudnya file yang bakal kita ekstrak
file_tujuan ya nama beserta ekstensi file hasil dari proses ekstraksi tersebut

NB: semua selain “cards” diakhiri dengan “.exe”.

Kalo udah beres? Hapus aja semua file yang ada tulisan “garis bawah” di akhir namanya. Dengan kata lain, selamat nostalgila nostalgia!

Tambahan:

Mau ambil dari Windows XP langsung ato ekstrak langsung dari instalannya tetep ada bug. Toh bug-nya sepele kok dan gak mempengaruhi game secara keseluruhan. Hanya ngaco saat menampilkan tampilan deck kartu pada Solitaire.

pertama kali buka solitaire tampilan deck-nya gini
pertama kali buka solitaire tampilan deck-nya gini

coba perhatiin baik-baik gambar di atas dan bawah tulisan ini

eh taunya pas buka lagi jadi beda
eh taunya pas buka lagi jadi beda

Tapi tetep, bug itu gak ngaruh ama mainnya kok. Kalem aja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s