Helep, ane gak bisa renang!

Ini sih curhat pribadi soal

jujur aja ane gak bisa berenang :3

Makanya nama blog eh jurnal ane blubub14 juga karena itu. Itu dulu, sekarang mayan lah bisa dikit biarpun cuman bisa gaya punggung aja. Ane mo share tips biar bisa renang dikit-dikit.

  • Berani nyebur, siapa takut!

Ini dia masalah bagi anak kecil juga beberapa orang dewasa juga. Takut masuk ke kolam renang. Kalo anak kecil sih wajar mereka takut tenggelam tapi kalo orang dewasa biasanya alasan kebersihan. Ada beberapa orang yang jijik jika satu kolam renang dengan orang kismin (ya semacam noni-noni ama pribumi zaman Belanda dulu), ada yang gak suka ama airnya, kaporit tinggi lah, ini lah itu lah. Kecuali ada beberapa alasan medis yang membuat seseorang tidak berani nyebur seperti alergi kaporit, kudis, kadas, panu, kutu air (kok mirip iklan ya :D), juga sedang datang bulan. Pengen cepat bisa renang kan? Makanya harus berani masuk ke dalam kolam! Eits, jangan lupa pemanasan dulu biar gak kram.

  • Cari temen / rekan yang pas

Biasanya kalo anak sekolahan ke kolam renang kan rame-rame, tapi kalo libur sekolah pengen bisa renang kan? Mending ajak temen yang bisa ngajarin renang, sekalian bisa main bareng ama dia pas waktu libur.

  • Latihan dan latihan

Ini yang terpenting, latihan. Minimal tiap masuk kolam renang maksimal tiap hari (syarat berlaku untuk orang-orang gedongan yang punya kolam renang pribadi). Latihan mulai dari yang sederhana seperti pernafasan, gerakan kaki, juga tangan. Meskipun sederhana latihan tersebut harus dilakukan rutin setelah pemanasan. Itu adalah teknik-teknik dasar untuk berenang. Jika sudah lancar baru berlatih gaya renang, tapi sedikit-sedikit. Jangan langsung belajar gaya kupu-kupu jika masih pemula, bisa-bisa bukannya mahir malah cidera. Setelah lancar gaya, coba bolak balik minimal mencapai ujung lebar kolam maksimal panjang kolam. Nah, sekarang bisa kan? Coba sekali-sekali uji nyali di kejuaraan renang.

  • Jangan banyak pikiran, biarin ngalir aja

Bener kata orang tua, dari pikiran bisa berpengaruh pada banyak hal. Jangan berpikir kalau anda tidak bisa berenang. Berpikir positif dan juga jangan hiraukan pikiran negatif yang ada saat berenang. Malah kalo orang banyak pikiran bukannya mengambang malah kesulitan mengambang di kolam. Bagaimana dengan penderita hidrophobia (takut air), positive thinking aja. Kalo bisa lawan phobia itu dengan melakukannya (berenang). Toh phobia itu adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada seseorang.

  • Pelajari juga teori, siapa tahu berguna

Ada yang bilang kalo praktik itu kurang afdol tanpa teori, emang bener apalagi pas belajar renang. Belajar dulu sedikit teori tentang teknik-teknik dasar renang setelah itu praktikkan dalam latihan. Kalo kita gak tahu teori renang seperti apa bisa-bisa bukannya mahir malah kram, tenggelam, atau cidera.

Tambahan, kalo ane belajar renang karena ane ngeceng cowok yang jago renang juga sih makanya ane ada usaha untuk belajar dan bisa (kok jadi curcol ya?). Demikian tips dari ane, semoga bermanfaat ^^.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s