Cara Oon Berselancar di Dunia Maya

Judulnya nyentil sih. Soalnya kebanyakan “orang pinter” sering nyuruh

cari wé olangan (baca: cari aja sendiri, bahasa Sunda)

ketika seseorang menanyakan suatu masalah pas bener-bener mentok. Berhubung penulisnya rada dodol, ane mo ngasih “cara oon” biar ente gak usah ketergantungan ama “cara orang pinter”. Ane tidak bermaksud bikin ente kelewat oon, cuman pengen ente kagak jadi korban ego “orang pinter”. Apalagi di komunitas internet yang netiquette aja seakan-akan formalitas.

Temen-temen sekelas ane sampe bingung. Mereka emang sering panggil ane “ensiklopedia berjalan” gara-gara banyak tahu hal-hal yang mereka gak tahu. Apalagi kalo lagi serius tentang satu hal pasti dipelajari ampe dalemannya.

kuran
Ini siapa? Cuman nama chara ane di game ._.

Pertanyaannya, kok bisa? Ane mo berbagi rahasianya. Cuman dua kok, senang membaca dan gunakan struktur data. Jujur aja nilai matkul Struktur Data ane emang CD tapi ane sering keinget perkataan dosen ane.

Kalian sudah belajar Struktur Data ‘kan? Gunakan stack, queue, dan struktur data lainnya untuk belajar.

Ane gak jago soal ngoding pake struktur data dinamis soalnya itu emang hal baru buat ane. Tapi setidaknya materi Struktur Data bisa dipake untuk mempelajari suatu hal.

Sumber pengetahuan ane itu bisa dari mana aja. Cuman ane sering mengandalkan buku dan internet sih. Berhubung kali ini bahas soal “cara oon” untuk berselancar, ya ane tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Inti tulisannya biar gak ada “orang oon” lagi yang kena semprit “orang pinter” di dunia maya.

Ingat: Berhubung penulis doyan main pun, jangan dianggap serius. Artikel ini direvisi hebat oleh penulis gara-gara bahasanya terlalu ngaler ngidul sampe disangka murid keduanya Sinto Gendeng.

Awali dengan mesin pencari

Bersyukurlah ente hidup di era modern yang serba gampang. Gak usah merengek mama minta pulsa apalagi minta saham gara-gara gak bisa pecahin suatu masalah. Masih ada si mbah yang lebih sakti dari mbah dukun kok. Jangan dulu masuk ke forum apalagi IRC kalo ente kagak kuat ama “orang pinter”.

Kata kunci itu penting

Ane serius soal ini. Semakin spesifik kata kunci yang ente cari, semakin besar peluang ente mencari solusinya. Jadi ente gak usah ketergantungan ama “orang pinter”. Kalo diibaratin ngoding mah, “orang pinter” itu else paling terakhir.

Contoh sederhananya yang ringan aja. Kalo contoh lama dikasih detil galat dari compiler dicari ke si mbah kasihan buat yang mabok koding macem ane.

Misalkan pengen jadi orang ganteng sampe Isyana klepek-klepek tuh. Cari di si mbah deh “cara jadi ganteng”. Percuma ngetik gituan di si mbah! Adanya bukannya malah nambah ganteng, malah tambah bingung gara-gara tipsnya gak bikin ente nambah ganteng. Udah ikutin saran ini itu, muka masih aja gak seganteng Harry Styles.

Kalo pengen ganteng, coba cari dengan kata kunci “perawatan wajah untuk kulit berminyak” atau “potongan rambut untuk wajah kotak”. Setidaknya dengan menulis kata kunci sesuai dengan masalah yang bikin ente kurang ganteng, jawabannya jauh lebih relevan. Emang sih muka tetep gak seganteng Song Joong Ki ato Robert Pattinson. Setidaknya dengan merawat diri dan menjaga penampilan, ente selangkah lebih ganteng dari sebelumnya. Udah gitu ada kesempatan biar bikin kecengan ente ampe Isyana tambah kesengsem.

Masih kurang ganteng? Cobain minum ini deh biar tambah cespleng.

sumber: rodenrespati.wordpress.com
sumber: rodenrespati.wordpress.com

Gantengin kemasan baru dengan formula yang disempurnakan!

Jangan asal sembarang situs, Nduk

Kalo asal masuk situs yang muncul di halaman pencarian, ente niatnya nyari Termorex malah yang keluar termos es.

bu-joko
Apa? Termos es?

Begitupun masalah ente. Bukannya masalah kelar eh malah besoknya PC tepar.

Berdasarkan pengalaman pribadi ane, ini urutan ane dalam memilah informasi terpercaya dari hasil pencarian.

Pertama, utamakan situs yang resmi. Misalnya Encyclopedia Britannica, situs penyedia jurnal daring (Springer dll.), About, HowStuffWorks, situs-situs akademik seperti laman universitas, dan masih banyak lagi. Ane cuman tulis situs-situs resmi yang bakal berguna banget dalam memecahkan masalah ente khususnya berkaitan dengan ngerjain tugas. Kalo situs resmi selain akademik, biasanya bagian masalah ada di Troubleshooting/FAQ.

Kedua, mampir ke forum. Lah kontradiktif bener ama pernyataan ente? Ane emang gak suruh nanya di forum “orang pinter”. Ane cuman suruh cari ato baca-baca. Bahasa forumnya sih lurking. Cari dulu thread yang berkenaan dengan masalah ente. Misalkan pusing tujuh keliling gara-gara hardware ngaco hingga gak bisa booting. Baca aja terus sampe ketemu solusi yang pas. Gak ketemu? Tenang. Orang-orang forum selalu buat indeks kok di halaman utama.

Ketiga, mampir ke wiki. Kalo ane itu tipikal orang yang penasaran sampe dalem-dalemnya. Nah, kalo di wiki sering ada tautan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi. Jadi ane belajar gak cuman dari artikel wiki, tapi juga dari tautan yang menjelaskan masalah terkait. Kalo ente buka pandangan mengenai suatu masalah, insya Allah ada solusi yang tiba-tiba “tring” di kepala ente tanpa harus nanya “orang pinter”.

Keempat, jalan-jalan ke blog orang dengan topik yang sesuai masalah ente. Biasanya gaya penulisan di blog itu lebih personal dalam memaparkan masalah. Jadi buat ente yang bener-bener awam dalam bidang tertentu, misalkan benerin PC, berasa dibimbing deh kalo baca blog ahlinya.

Terakhir, nanya ke “orang pinter” di forum/IRC. Ini pilihan paling terakhir jika ente bener-bener kepepet bin mentok gak ada solusi setelah ubek-ubek sana-sini. Jangan lupa pake aturan main mereka: gunakan deskripsi serinci-rincinya mengenai masalah ente, sebut aja referensi yang udah ente singgahin untuk memperjelas masalah yang dihadapi, dan jangan lupa pake bahasa sopan. Slogan rumah makan Padang masih berlaku kok di dunia maya jadi gak perlu khawatir. Malah kalo ente ngomong seenak jidat gak pake sopan santun aka netiquette di dunia maya, ane jamin ente bakal kena semprit mulu :d

Seriusan dapet tautan mati? Gak usah galau

Biasanya kasus ini ketemu kalo waktu unduh. Entah itu mo unduh anime dari fansub langganan, mp3 dari situs file hosting, sampe program yang pengen ente oprek. Kalo pas unduh berkas kena si 404 ya wassalam. Cari aja tautan lain aka mirror. Masalah selesai.

Tapi gimana kalo pas cari referensi di si mbah terus ketemu tautan mati aka 404 not found? Biasanya kasus ini ditemukan kalo ente nemu referensi dari internet tapi jadul banget.

funny-pictures-humor-error-404-am-sleep-not-found-meme
sumber: funnypictures.me

kamfret, mana ane ngerjain tugas SKS pula -.-“

Gak usah galau. Summon! Web Archiver! *dengan gaya lagi summon Exodia*

Apa? Web Archiver? Apaan ntuh? *dengan gaya khas babeh Jaja Miharja*

sumber : pikiran-rakyat.com
sumber : pikiran-rakyat.com

Kalo liat dari arti liberal alias kelewat terjun bebas … eh bentar, bukan lagu “terjun bebas” yang cuman ada diff FOUR DIMENSIONS ama Another di osu ya. *gubrak*

Kalo liat dari arti liberal, web archiver sebenarnya arsip web. Salah satu teknologi yang menggunakan big data tapi khusus untuk “menyimpan” konten dari semua situs web dari masa ke masa. Mulai dari situs web yang udah almarhum sampe situs web yang masih hidup pun ada kok salinannya.

Sori kalo penjelasan ane ngawur. Ane masih belajar soal itu dan ane cuman jelasin hal yang ane paham. Penjelasan lebih detilnya bisa nanya ke si mbah kalo penasaran dengan web archiver.

Nah, kok bisa tahu soal itu? Sebenarnya gak sengaja nemu. Kalo gak salah ane gak sengaja nemu ini pas lagi baca artikel tentang web dan ujung-ujungnya summon ini. Salah satu situs yang menggunakan teknologi ini adalah archive.org. Tenang kok ini bukan situs jebakan betmen.

ss-archive-org-09092016
bukti kalo ini bukan jebakan :3

Cara pakenya? Gampang. Ente cukup masukin tautan yang sudah almarhum ke bilah pencarian yang ada di halaman depan. Tar ente tinggal pilih tanggal. Lho kok ada tanggal? Nah, situs ini tidak setiap hari merekam perubahan pada semua situs yang ada di internet. Dugaan ane, situs ini baru merekam perubahan jika ada perubahan yang dilakukan oleh pemilik situs. Makanya pas buka situs ini ada pilihan tanggal.

Eh, kabar gembira untuk kita semua! Kini archiver sudah ada extensions-nya! *ini iklan Mastin ato apaan?* Gak usah khawatir soal keamanannya. Pembuatnya emang dari Archive.org kok jadi dijamin aman. Buat ente yang males ketemu ama si 404, ente cukup cari extensions-nya di toko peramban kesayangan ente. Jadi setiap ente cari di si mbah dengan peramban kesayangan ente, gak bakal ketemu lagi ama tautan mati 😀

Emang sih kebanyakan teknik ane emang ngawur berdasarkan pengalaman pribadi ane. Ya setidaknya ada bahan buat dijadiin bungkus gorengan lah kalo ga bermanfaat mah :3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s