Desa Sito : Kapan Naik Gaji

Tanggal tua. Cek buku tabungan masih kosong. Demikian pula saat memeriksa lewat layanan perbankan internet. Tak menunjukkan tanda-tanda saldo bulan ini bertambah. Mana besok harus bayar uang SKS pula.

“Abang, minta uang,” pinta Ribo.

“Buat bayar ganti rugi barang Pak Robert lagi?”

“Guci mahalnya gak sengaja kesenggol pas lagi main bola ama Reina,” tepok jidat. Belum cukup duit sekarat sekarang ditambah masalah baru Ribo. Uang kiriman dari Arab sudah habis buat bayar SPP Ribo dan hutang. Gaji bulan ini belum keluar. Kerja jadi outsourcing gaji gak menentu nasib serasa gantung. Galau selalu mendera di tanggal tua. Belum lagi harus sedia uang cadangan untuk membayar ulah Ribo. Enaknya kalo udah lulus kayak Rere. Gak usah puyeng mikirin soal duit. Tinggal kerja dengan serius karena gaji sudah pasti.

“Abang, galau tanggal tua ya? Aku tinggal main ama Reina dulu ya.”

Anak itu tau aja soal tanggal tua. Eh, sekarang tanggal tua ya? Ribet juga kalo hidup cuman mengandalkan kiriman dari Arab juga gaji yang kecil. Mending kalo rumah sakit banyak ngisi tabung oksigen. Sekarang lagi sepi. Kok sistemnya kayak tempat air minum isi ulang? Begitulah cara penghitungan upah di tempatku bekerja. Tiba-tiba ada telepon masuk ke rumah.

“Assalamu ‘alaikum, apa ini dengan keluarga Degan Suroso?”

“Iya, ada yang bisa dibantu?”

“Dengan siapa saya berbicara?” nadanya sopan banget. Kedengeran dari suaranya sih cewek. Apa mungkin nagih kartu kredit? Lha wong kartu kredit aja bapak gak punya.

“Mito Suroso, anak dari bapak Degan.”

“Oh, dik Mito. Ini dari Adila Finance. Sebaiknya dik bilang pada bapak bayar cicilan motor bulan ini ditambah dua bulan lalu. Cicilannya sebesar dua juta tiga ratus ribu rupiah beserta bunga. Terima kasih.”

Udah ngutang bayar SKS, sekarang ditagih cicilan motor. Untung aja SPP Ribo udah dibayar. Tapi kenapa harus pake bunga ya? Bukannya di brosur bebas bunga? Liatin motor bebek warna merah yang terparkir di garasi jadi makin terpikir kapan naik gaji.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s