Pelajaran Geografi

Ini cerita yang kejadiannya bener-bener terjadi pas pelajaran geografi di kelas. Semua namanya disamarin karena kalo ketahuan yang nulis itu ane bakal dihajar sama ci pelaku.

Ceritanya tentang bab peta kontur. Kan disuruh sama guru Geografi analisis peta benua Australia, tapi gara-gara si D keceplosan ngomong jadi aja nyasar ke Bandung. Terus pas pelajaran si A ngobrol. Terus ditanya sama guru.

Pak Guru (PG): Kenapa di Citatah ada karang?

A: (dengan entengnya) gak tahu.

Melihat si A, bapak langsung bernafsu mengeluarkan guntingnya.

PG: Pantesan gak merhatiin, ada setan di rambut. Bapak gunting rambutnya sedikit (sambil melayangkan gunting ke poni si A dan akhirnya semua anak cowok dirazia oleh bapak). Sisanya benerin lagi di tukang cukur.

Si A hanya bisa menatapi poninya yang agak sedikit emo “dirapikan” oleh guru. Bapak kemudian bertanya pada anak yang pendiam, si B. Dia dari tadi duduknya agak sedikit bungkuk dan dibenarkan posisinya oleh beliau. Tapi, kalau sudah kebiasaan, susah dihilangkannya.

PG: B, apa kepanjangan dari DPL?

B: Di bawah permukaan laut, Pak (dengan suara lirih dan nyaris tak terdengar)

PG: B, kalau yang di bawah permukaan laut itu, Belanda! (anak-anak yang lain tertawa kecil) Siapa yang tahu ketinggian Bandung?

Lalu D bertanya pada C, teman sebangkunya D.

D: Eh-eh, ketinggian Bandung berapa sih?

C: 2000 m dpl

Ane tersenyum kecil dan nyaris tertawa ngakak mendengarnya.

C: Emangnya yang bener berapa?

D: Sekitar 800 m dpl.

Pak Guru kemudian memanggil E, yang kebetulan lagi ngobrol.

PG: Berapa ketinggian Bandung, E?

E: (dengan santainya) 4000 m dpl.

Semuanya kaget. Ternyata jawabannya kelewatan semua. Padahal yang bener itu sekitar 700 m dpl. Ane tertawa ngakak dalam hati. Ada satu pelajaran yang harus dipetik dari sini, memperhatikan dan jangan lupa baca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s