Bolak-Balik ke Bank

Cerita ini bermula ketika ane kembali lagi ke dunia nyata dengan kondisi yang berbeda.

Kondisi pertama, saat ane masih kerja di salah satu gerai parfum besar di Kota Bandung. Niatnya sih mo periksa apa kartu debit ama buku tabungan ane masih berfungsi ato gak. Ane pun pergi ke Bank X, tempat orang tua ane mendaftarkan rekening tanpa sepengetahuan ane pula. Emang sih bank syariah tapi setidaknya bilang dulu kek T.T

Pas masuk ke sana ane melongo. Tatapan nanar tertuju pada suasana sekeliling bank. Pertama datang disambut oleh satpam gahar berkumis plus cambang tebal dengan tatapan tajam seakan bilang “Ceile nih orang ndeso amet kayak gak pernah ke bank aja!”. Taunya.

Pak Satpam (S) : Assalamu ‘alaikum. Selamat sore, ada yang bisa dibantu?

Sepertinya ping neuron di tubuh ane menuju otak udah berwarna merah dan menandakan request timed out. Emang koneksi saraf bisa diperiksa pake tombol jendela + R terus ketik “cmd” terus  ketik perintah “ping (dengan tambahan alamat server dan perintah lainnya)”?

Seketika ane bak tersihir oleh perkataan satpam gahar itu yang mengantar ane masuk ke dalam. Ketika satpam itu membuka pintu, subhanallah. Rasanya ane berasa seperti Kabayan baru datang ke kota bersama Abah-nya Iteung. Euleuh (nyeratna leres teu nya?) ieu téh kumaha? Naha bank téh siga kieu? Ane sebagai programer sesat yang terbiasa di belakang layar merasa bengong melihat hasil karya programer itu sendiri di depan mata ane. Beda ama terakhir kali ane ke bank waktu masih TK dulu. Sistemnya udah canggih bener. Kagak perlu antre lama-lama yang bikin kaki tambah varises dan dongkol. Kalo mo melakukan transaksi ambil nomor dulu dibantu pak satpam gahar itu. Subhanallah, satpam itu lebih melek teknologi daripada ane! Ente tinggal duduk manis sambil selfie ria di dunia maya juga boleh. Tempat duduknya lebih empuk dari sofa terempuk di rumah pula. Ada layar gede yang menampilkan nomor antrean di depan mata ane. Tau-tau televisi itu menggunakan text-to-speech seakan memanggil ane untuk pergi ke bagian layanan pelanggan (customer service) di sebelah samping. Satu kata yang bisa ane gambarkan mengenai bank itu, epik *dengan tatapan mata super belo ala SpongeBob dkk di episode Sandy nantangin ke darat*. Sesuatu banget. Untung aja sifat katro maksimal ane itu gak diketawain ama si satpam gahar.

Kondisi kedua, balik lagi ke bank. Kali ini bukan bank syariah yang ane sebut. Sekarang pindah ke bank konvensional ya sebut saja Bank Y yang terletak di dekat rumah. Maklum, musim ujian kayak gini musti bolak-balik ke bank buat pendaftaran. Buat SBMPTN lah, bayar ujian mandiri lah, ampe bayar utang. Kali ini ane lebih melongo lagi. Beda bener ama bank syariah yang biasa ane kunjungi. Bukan karena satpam gaharnya, melainkan lokasi di depan teller-nya. Selama ane pergi ke bank syariah itu rasanya beda banget. Lha wong di sana gak usah antre, cukup tunggu nomor dipanggil sekalian tinggal boker juga gak masalah. Padahal sama-sama bank tapi kok bisa beda ya?

Inilah curhatan orang katro maksimal ketika pergi ke bank. Eh, bank syariah lebih terjamin dan pewe *efek samping sofa super empuk di bank*.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s