Suka Duka Ganti HP

Aneh ya ini nulis di blog soal ganti HP. Soalnya ane males update HP baru yang nongol di majalah, TV, ato internet. Bersyukur aja dengan HP yang ada, yang penting mah makna HP itu sendiri.

Ane pertama dikasih HP pas SD kelas 6 karena berprestasi tapi males dibawa ke sekolahan. Ganggu pelajaran terus tanpa bawa HP tiap hari pun ane masih tetep hidup. Waktu tahu HP itu rusak ditawarin ganti ma ortu ane tolak, HP itu punya banyak kenangan dari zaman SD ampe masuk SMA. Mau gak mau ane ganti HP, itupun kepaksa karena emang kondisinya sudah benar-benar rusak. Ganti pas SMA, eh disangka HP couple. Emang sih lagi musim serba couple, dari jaket, topi, ampe HP. Mentang-mentang temen yg ane sukai HP-nya sama disangka HP couple.

Dulu pas zaman SMP dah booming BB, tapi gak minat. Pertama tidak ergonomis di tangan. Ane lihat HP dari fungsi, fitur termasuk gamenya rame ato gak, sama desainnya enak digenggam ato gak. Kedua yg bikin ane gak minat itu boros pulsa, liat aja di TV ato majalah paket BB berapa sebulan. Udah mencekik kantong anak sekolahan, mending kalo ada penghasilan tambahan ato ortu super tajir. Belum lagi uang saku ane pas-pasan. Ini alasan terakhir yang paling ane gak suka dari BB anak sekolahan, cara mintanya. Apa kalian gak mikir keadaan ekonomi ma ortu gimana? Mending HP biasa yg ada fitur internet + Java  juga udah cukup. Temen ane aja minta dibeliin BB mogok sekolah dulu ampe nangis darah. Lebih konyol lagi kalo minta pas kondisi keuangan ortu kepepet terus tanggal tua. Pas ane baca di majalah soal si robot ijo ane langsung tertarik. Udah open source (mayan HP sendiri jadiin tumbal emulator program sendiri, hahaha) terus entah sihir apa yang buat ane kecantol nekat ngumpulin fulus buat beli itu. Ane ngumpulin duit dari zaman kelas 1 buat beli HP itu aja, pas lebaran kemaren alhamdulillah dapet. Beli pake duit THR tambah tambalan dikit dari ortu. Cuman pake si robot ijo ada suka dukanya.

1. Bagi yang gak pernah update gadget semacam ane mungkin sedikit katro main touchscreen. Emang mayoritas si robot ijo touchscreen. Touchscreen-nya sama sensitif dengan yg di laptop, kena toel dikit udah ganti rupa. Ini lebih parah, gak sengaja ditoel eh program nutup. Lagi enak-enak unduh pula -__-

2. Siap-siap kaget pulsa berkurang. Bagi pengguna awam seperti ane mungkin kaget pulsa baru diisi udah tekor lagi, apalagi kalo fulusnya suka pas-pasan. Kata temen ane, pulsa di tangan sebulan minimal 50.000. Itu pulsa biasa + paket internet. Emang si ijo itu mayoritas aplikasinya online dan tanpa sadar bisa bikin pulsa sekarat. Cara antisipasinya pakai internet seperlunya terus atur setting jaringan bawaan dari sononya. Kalo udah diatur minimal pulsa ada lah untuk SMS-an ato nelpon di tanggal tua.

3. App bikin ngiler, unduh semua ah. Ini masih nyambung ama soal pulsa. Disaranin kalo belanja di “pasar” pake koneksi Wi-Fi, tapi bagi orang katro macam ane sih tetep pake pulsa internet. Kemaren aja pulsa tekor kira-kira 50 ribu cuman paket internet + unduh app overlimit.

4. Perawatannya pun lebih merepotkan dari HP biasa. Malah ane dikasih tahu ama ortu kalo HP kenapa-napa tar disita (ah segitunya, anak sendiri malah gak diperhatiin -_-). Perawatan HP touchscreen itu gak boleh disimpen di tempat berdebu, neken jangan terlalu keras, gak boleh dipake pas lagi makan gorengan, es krim, atau makanan lengket lainnya, gak boleh kehujanan terus jatuh ke kolam terus dilindes mobil setum. Terus jauhkan gadget tersebut dari adik anda! Biasanya sih adik suka macem-macem, kadang ngabisin pulsa orang seenaknya, futu-futu narziz bin alay, malah lebih parah ngaku-ngaku itu HP miliknya di depan temen-temennya.

Beginilah suka duka ane ganti HP dari yang biasa ke ijo-ijo. Memiliki HP itu sama dengan memegang amanah kalo HP itu dikasih ortu. Fungsi HP jangan disalahgunakan apalagi pas ujian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s