Debat Waktu Jam Kosong

Kali ini debat kusir lagi. Bedanya yang satu ama kakak ane, ini ama kakak tingkat di kampus.

Ceritanya saat itu ane lagi di kelas dan lagi jam kosong. Dosen gak ada eh tahunya ganti jadwal -,-

Ada kakak tingkat tuh. Ane iseng aja tanya soal bikin game. Eh tahunya debat kusir lagi. Bete ah. Mending ane balik lagi ke kelas aja da keburu bete.

Emang sih waktu sesi debat kusir itu ane yang salah, tapi gak gitu-gitu juga kali. :w Kemaren ane sentil soal kakak ane yang berpikiran kolot seenak jidat, sekarang kakak tingkat selalu benar yang nge-bash adik tingkatnya. Emang ane salah dan jujur ane gak suka caranya buat membuktikan ane salah.

Jika saat ane debat kusir ama kakak ane itu ane bisa tahu kalo menang itu gak selalu berarti menang. Pas kemaren ane belajar sabar itu tidak terbatas selama ente niat. Begitu pula dengan memperhatikan orang lain, ane bisa tahu apakah gaya komunikasi seseorang bisa efektif atau tidak.

Ane seneng ama gaya komunikasi alumni yang ngasih wejangan waktu acara himpunan. Gak usah bentak sana-sini, ngotot, apalagi nimpuk. Santun, dewasa, elegan, tapi jleb. Cara berkomunikasi kayak gitu ane emang seneng. Dengan sopan santun, orang sekeras batu pun bisa melunak dan segan kepada orang itu. Kalo ketemu lagi, ane pengen belajar cara komunikasi efektif dengan dia agar ane tidak kembali menjadi “korban”.

Kalo dengan perkataan paling masuk kuping kanan ke luar kuping kiri. Kalo anak muda sih pasang headset terus dengerin musik pake volume pol. Efek sopan santun berdampak besar. Contohnya pada zaman Nabi. Beliau bisa mengubah peradaban bangsa Arab dalam waktu puluhan tahun dengan keluhuran akhlak dan etika.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s