Cara Bersyukur, Jadilah Produktif dan Buat Lingkungan Kita Lebih Baik

Ketika kesedihan mulai menggeragoti diri ane hingga menurunkan produktivitas, ane tersentil dengan berita mengenai Korea Utara dari sudut pandang seorang jurnalis yang pernah datang ke sana.

Semiskin-miskinnya orang di Indonesia, tingkat penderita katarak yang disandang orang Indonesia masih lebih rendah daripada orang Korea Utara. Orang miskin di Indonesia tidak ada yang mengidap katarak di usia remaja. Biasanya katarak umum ditemui di usia tua untuk kasus di Indonesia. Sementara di Korea Utara, penderita katarak di usia remaja jauh lebih umum ditemui.

Pemadaman bergilir memang sering terjadi. Biasanya pada fenomena tertentu seperti Earth Hour ataupun di musim kemarau. Sesering-seringnya orang Indonesia kesel dengan pemadaman bergilir, mungkin orang Indonesia bakal jauh lebih kesel tinggal di Korea Utara. Ibukotanya pun, Pyongyang, tidak lepas dari pemadaman bergilir yang hampir setiap hari muncul *eh?*.

Soal busung lapar pun jauh lebih buruk daripada di Indonesia. Bahkan untuk anak-anak usia sebaya dengan Korea Selatan, tinggi rata-rata anak-anak di Korea Utara lebih pendek 20 cm dan lebih ringan 10 kg. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia. Penduduk desa miskin di Indonesia pun masih lebih beruntung daripada mereka. Masih bisa makan lalap yang tersedia di hutan, singkong, ubi liar, buah-buahan liar, dan selalu dapat rejeki nomplok pada waktu-waktu tertentu. Contohnya daging gratis saat Idul Adha, beras saat Idul Fitri, sumbangan warga keturunan Tionghoa saat Imlek, dan masih banyak lagi.

Pas nonton tayangan itu di National Geographic, ane mikir. Bersyukurlah apapun yang kita miliki sekarang karena bisa jadi besok kita tidak bisa menikmatinya. Jadilah orang yang lebih baik agar hidup kita lebih berarti di dunia. Setidaknya saat kembali ke rahmatullah masih ada prestasi yang bisa kita banggakan selama di dunia. Hal sepele yang menurut kita gak penting pun bisa jadi sangat penting di belahan bumi lain.

Setelah itu ane nonton tayangan ulang Innovation Nation. Biasanya ane nonton jam 7 sekalian belajar bahasa Inggris juga. Banyak fakta-fakta unik yang ane pun baru tahu termasuk kosa kata baru yang jarang dipake di buku teks pelajaran bahasa Inggris. Ane kaget pas tahu fakta di balik pabrik Ford di Amerika: satu truk dibuat dalam waktu 53 detik.

Okelah sakit tapi tidak berdarah. Ane bisa melakukan apa dalam waktu segitu? Ngupil sambil “bayar setoran” di WC? Tandanya ane kurang mensyukuri nikmat waktu yang malah jadi tidak produktif ._.

